Wednesday, August 29, 2012

Minuman Berenergi Bisa Menyehatkan Jantung


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Minuman berenergi sering disebut-sebut sebagai pemicu beragam penyakit, termasuk penyakit jantung. Karenanya banyak anjuran untuk tidak mengonsumsi minuman ini secara sembarangan. Namun, sebuah studi baru menunjukkan minum minuman berenergi baik untuk jantung.

Studii baru dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology, menunjukkan bahwa mereka yang minum minuman energi (dalam kondisi sehat) mungkin memberikan efek baik untuk jantung.

Bloomberg melaporkan, para peneliti mempelajari 35 orang berumur 25 sebagai objek penelitian. Responden minum minuman yang mempunyai kandungan taurin dan caffeine yaitu dua bahan umum dalam minuman energi.

Para peneliti menemukan setelah mereka mengonsumsi minuman berenergi fungsi ventrikel kiri dan kanan jantung meningkat kinerjanya. Para peneliti percaya taurine merangsang produksi kalsium di otot manusia yang sangat baik untuk jantung.

Sebagai catatan bahwa penelitian ini dilakukan hanya pada orang yang sehat. Belum diketahui efek minuman energi terhadap orang-orang dengan penyakit jantung.Kepala peneliti Dr. Matteo Cameli dari University of Siena mengatakan, "Akan menjadi penting untuk menentukan efeknya pada pasien dengan penyakit jantung agar bisa lebih memahami manfaat potensial atau risiko konsumsi minuman energi."

Tentu saja, terlalu banyak konsumsi kafein dapat menjadi hal yang buruk. Seperti keringat berlebihan dan dapat menyebabkan jantung berdebar-debar. Memang sebagian besar penelitian saat ini hanya berpusat pada efek tidak sehat dari minuman energi. Karenaya penelitian ini perlu dilanjutkan.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment