Thursday, August 30, 2012

Keju Cheddar Tertua di Amerika Akan Dijual Bulan Oktober


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Keju cheddar berumur 28 tahun ada di tangan pembuat keju dari County Line Cheese di Oconto, Wisconsin, Amerika Serikat. Keju cheddar ini dipastikan sebagai keju cheddar tertua di Amerika, dan sudah dipastikan untuk dijual pada bulan Oktober.

Pemilik County Line Cheese adalah Ed Zahn, seorang pembuat keju yang sudah pensiun pada tahun 1989. Saat ia menutup tokonya, ia menemukan beberapa keju yang salah tempat dan tidak terhitung di pendinginan. Keju-keju ini sudah disimpan lama dalam kondisi penyimpanan yang benar sejak toko itu dibuka.

Setelah diteliti, keju ini ternyata berumur 28 tahun yang saat ini telah disertifikasi sebagai keju cheddar tertua yang dijual di Amerika. Kebanyakan keju cheddar yang dijual hanya berumur 5 sampai 10 tahun.

Saat ini toko County Line Cheese sudah tutup, tapi keju tua ini akan dijual di Wisconsin Cheese Mart tanggal 6 Oktober nanti. Walaupun harga belum ditetapkan tetapi perwakilan pihak yang menjual mengatakan sebagian besar keju cheddar ini akan dijual secara online.

Keju cheddar adalah jenis keju tua, teksturnya keras, berwarna kuning pucat hingga putih gading, dan kadang-kadang memiliki rasa yang kuat. Keju ini berasal dari desa Cheddar di Somerset, Inggris, dan saat ini sudah diproduksi di banyak negara di dunia. Resep keju cheddar konon dibawa bangsa Romawi ke Inggris dari daerah asal keju tersebut di Cantal, Perancis.

Selama Perang Dunia II, sebagian besar susu di Inggris digunakan untuk pembuatan keju yang dinamakan 'Cheddar Pemerintah' untuk dibagi-bagikan sebagai makanan pada zaman perang.

Pembuatan keju ini hampir membuat bangkrut produsen jenis keju lainnya di Inggris. Sebelum Perang Dunia I, di Inggris ada lebih dari 3.500 produsen keju, namun setelah Perang Dunia II tidak lebih dari 100 produsen yang tersisa.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment