Thursday, August 23, 2012

Warna-Warni Sale Anggur Pacitan yang Memikat


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Oleh-oleh khas kota Pacitan ini berupa sale pisang.Tidak seperti sale di daerah Jawa Barat yang digoreng tipis-tipis dengan tepung, sale anggur yang ini justru dibentuk bulat kecil-kecil, dikemas dalam kertas berwarna warni, dan dibentuk seperti buah anggur.

Sale anggur dibuat dengan bahan pisang awak yang dipotong-potong kemudian dijemur di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering, kemudian dipadatkan dan dibentuk kecil-kecil lalu dibungkus plastik di bagian luarnya.

Tak hanya sampai disitu, kemudian sale anggur dikemas lagi dengan kertas krep warna warni, lalu diberi lapisan plastik bening lagi. Selanjutnya sale anggur yang sudah dilapisi plastik dirangkai dan terlihat seperti untaian buah anggur.

Satu untaian sale anggur dihargai sekitar Rp. 2.000 hingga Rp. 4.000. Karena warnanya yang memikat, banyak yang menggunakan sale anggur untuk hiasan saja. Sale anggur ini bisa bertahan hingga 5 bulan lamanya, dan semakin lama disimpan rasanya akan semakin legit dan manis.

Kini, sale anggur khas Pacitan juga bisa ditemui di tempat lain, termasuk di Bali dan kota besar lainnya. Harganya yang murah, tampilannya yang unik dan daya tahannya yang lumayan panjang membuatnya bisa jadi pilihan oleh-oleh jika sedang di Pacitan.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment