Tuesday, August 28, 2012

Yogurt dan Strawberry Camilan Sehat si Kecil


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Tidak hanya dewasa, anak-anak juga gemar mengemil. Namun para orang tua perlu teliti dalam pemberian jenisnya. Seperti buah, olahan susu dan kacang-kacangan bisa diberikan untuk camilannya. Sebisa mungkin hindari juga pemberian camilan yang mengandung gula buatan.

Makanan bernutrisi sangat diperlukan si kecil untuk masa pertumbuhannya. Seperti yang dilansir dari Superkids Nutrisi Inc. Yogurt, strawberry dan almond merupakan makanan ringan yang berperan penting dalam pertumbuhan si kecil.

Yoghurt merupakan sumber kalsium dan protein yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang. Bakteri probiotik didalamnya akan meningkatkan kesehatan sistem pencernaannya. Jika diberikan secara rutin minuman ini dapat mengurangi perkembangan mikroorganisme pada air liur yang menyebabkan gigi berlubang.

Para orang tua juga harus jelih saat membelinya. Perhatikan label nutrisi pada kemasannya dan hindari yogurt yang dibuat dengan pewarna buatan dan pemanis buatan. Cobalah membeli yogurt polos tanpa pemanis, saat menikmatinya dirumah Anda bisa tambahkan sendiri potongan buah segar seperti strawberry dan blueberry.

Buah strawberry juga bisa jadi pilihan camilan si kecil. Buah berwarna merah dengan rasa yang manis asam ini bisa dimakan segar atau dibuat jus. Kandungan vitamin C dan antioksidan didalamnya dapat melindungi tubuh dari radikal bebas, mencegah kanker dan penyakit jantung.

Kandungan vitamin C nya diketahui dapat mengurangi gejala asma pada anak dan menyembuhkan flu. Jika ingin membeli buah ini juga diperlukan kecermatan. Pilihlah buah yang mengkilap dan tidak bonyok, pastikan juga tidak keriput dan berjamur. Buah ini bisa bertahan 1-3 hari jika disimpan dalam lemari es.

Untuk camilan kacang-kacangan bisa pilih kacang almond. Mengandung vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal. Jika diberikan pada si kecil setiap hari, almond dapat membantu mencegah anemia, menyehatkan kulit dan membantu mencegah resiko penyakit jantung.

Camilan renyah ini bisa dinikmati sebagai topping yagurt bersama buah strawberry.Cincang atau potong kecil almond agar lebih mudah dinikmati si kecil. Saat membelinya para orang tua harus pilih almond yang warnanya tidak kekuningan dan tidak tengik. Pilihlah yang berbau manis dan tidak pahit. Kacang bernutrisi penting ini bia disimpan dalam lemari es dan bisa tetap enak dalam beberapa bulan.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment