Friday, August 31, 2012

Makanan Kaya Vitamin dan Mineral Membuat Sperma Berkualitas


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Kualitas sperma sangat berkaitan erat dengan proses reproduksi. Gaya hidup dan tingkat kesehatan pria sangat berpengaruh pada kualitas sperma. Makanan yang mengandung vitamin dan mineral perlu dikonsumsi cukup agar sperma berkualitas.

Mikronutrien merupakan zat gizi yang diperlukan oleh tubuh dalam jumlah kecil. Menurut sebuah studi yang dipimpin oleh ilmuan dari U.S. Department of Energy's Lawrence Berkeley National Laboratory, mikronutrien atau vitamin dan mineral ini dapat meningkatkan kualitas sperma pada pria dewasa.

Analisis ini melibatkan 80 responden sukarelawan pria sehat, dengan usia 22 hingga 80 tahun. Para ilmuan menemukan bahwa sebanyak 44 pria yang berumur lebih tua dan mengkonsumsi vitamin C, mengalami kerusakan DNA sperma sebesar 20 persen.

Tampaknya zat mikronutrien seperti vitamin C, E, asam folat dan zat besi dapat membantu meningkatkan kualitas sperma pada pria berumur. Kami juga menemukan sebanyak 44 pria berumur banyak mengonsumsi makanan bergizi. Hal ini ditunjukkan dengan kualitas sperma mereka yang sama seperti pria yang lebih muda. tutur Andy Wyrobek dari Berkeley Lab's Life Sciences Division.

Para peneliti menemukan hubungan yang jelas antara asupan mikronutrien yang lebih tinggi dengan kualitas sperma pada pria dewasa. Namun dalam penelitian ini belum dijelaskan apakah berhubungan juga dengan tingkat kesuburan.

Penelitian ini telah diterbitkan secara online dalam jurnal Fertility and Sterility. Saat penelitian berlangsung, Wyrobek juga dibantu dengan tim peneliti dari Brenda Eskenazi dari University of California, Berkeley of Public Health dan juga ilmuan dari University of Bradford di Inggris.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment