Sunday, August 26, 2012

Usia 6 Bulan Bayi Boleh Diberi Air Putih


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Bayi usia 0-6 bulan tentunya hanya diperbolehkan minum ASI. Nutrisinya yang banyak dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil. Di usia 6 bulan, ia sudah mulai bisa diberikan air putih untuk membantu mencegah dehidrasi.

Pencernaan yang belum kuat adalah salah satu faktor yang melarang pemberian makanan pada bayi. Jika usianya sudah 6 bulan bayi sudah mulai bisa disapih. Memberikan bubur susu, sari buah atau air putih sebagai selingan minum ASI. Saat usia ini, indra pengecapnya juga harus mulai dilatih dengan mengenalkan makanan.

Namun banyak ibu khawatir tentang pemberian cairan pada anaknya di usia 6 bulan. Selain ASI atau susu formula, si kecil juga bisa diberikan air putih. Air merupakan sumber cairan terbaik ini bisa membantu si kecil untuk menghilangkan rasa hausnya, selain itu juga tidak akan merusak gigi anak.

Banyak bayi yang belum terbiasa dengan rasa air putih yang hambar karena sudah terbiasa dengan rasa ASI yang sedikit manis. Namun Anda bisa berikan sedikit demi sedikit secara teratur. Dengan cara ini si kecil akan mulai terbiasa dengan rasa air putih.

Jika bayi tetap menolak minum air putih, para orang tua tak perlu khawatir. Air putih bisa dicampurkan saat membuat jus buah yang akan diberikan pada bayi. Dengan begitu, si kecil akan terhindar dari dehidrasi.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment