Friday, August 31, 2012

Hati-hati! Junk Food Juga Bisa Merusak Otak!


odi - detikFood Jakarta - Reputasi junk food memang terkenal buruk. Selain dapat membuat obesitas, junk food juga dapat merusak otak. Menurut penelitian junk food juga dapat memberikan demensia melalui tekanan darah tinggi dan kolesterol yang menghambat aliran darah ke otak.

Beberapa penelitian sebelumnya tentang hormon insulin dilakukan pada hewan. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa penyakit Alzaimer bisa menjadi diabetes otak. Tetapi teori terbaru juga menunjukkan bahwa makanan yang mengandung tinggi lemak dan manis dapat merusak otak dengan mengganggu pasokan insulin.

Dalam diabetes tipe 2, junk food membuat sel-sel dalam tubuh menjadi resisten terhadap insulin yang dibutuhkan unruk mengubah gula menjadi energi. New Scientist melaporkan bahwa insulin dibutuhkan untuk mengatur zat kimia otak yang penting untuk daya ingat dan belajar. Juga untuk memperkuat hubungan antara sel-sel otak, dan menjaga aliran darah dan oksigen ke otak.

Penelitian ini menunjukkan bahwa hal serupa juga terjadi pada penderita Alzaimer dengan diet buruk yang menghambat sel-sel otak menanggapi insulin dengan baik. Pada penelitian yang menggunakan tikus tersebut, terlihat bahwa tikus menderita Alzaimer setelah diberi senyawa yang mencegah otak mereka memakai insulin.

Suzanne de la monte, penulis studi dari Brown University, Amerika Serikat, mengatakan tikus-tikus tersebut tidak dapat belajar atau mengingat. Ketika peneliti memberikan makanan berlemak dan manis pada pria dan wanita sehat selama sebulan, tingkat insulin dan amiloid beta meningkat.

Dengan tingkat diabetes melonjak, dimensia bisa mencapai proporsi epidemi. tambahnya. Professor Clive Ballard, direktur riset dari Alzheimers Societys mengatakan satu dari tiga orang yang berumur di atas 65 tahun akan menyandang demensia. Penelitian ini memberi arah baru untuk pengembangan pengobatan.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment