Monday, August 27, 2012

IFBC 2012, Ajang Berkumpulnya Food Blogger Dunia Sukses Digelar


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Setelah sukses digelar sejak tahun 2009 lalu, kini ajang pertemuan tahunan para food blogger kembali diadakan. International Food Blogger Conference (IFBC) tahun ini diselenggarakan di Portland, Oregon pada 24-26 Agustus 2012 lalu.

Tak hanya food blogger yang antusias berpartisipasi dalam acara ini, namun produsen makanan dan minuman, editor, penerbit buku serta para petani juga turut ambil bagian dalam IFBC. Pemerintah negara bagian di Amerika Serikatpun memberikan dukungan penuh.

Acara ini diikuti oleh sekitar 250 peserta dari berbagai negara di dunia. Salah satunya adalah perwakilan dari Omar Niode Foundation dari Indonesia, yang tak ketinggalan menjadi salah satu partisipan.

Pembicara utama yang hadir dalam IFBC adalah Bruce Seidel, CEO dari HUNGRY, saluran khusus makanan di YouTube. Seidel merupakan penggerak Cooking Channel dan Food Network. Sebagai orang yang berkecimpung dalam publikasi bidang kuliner, Seidel mengaku sangat mengapresiasi keberadaan para food blogger.

Ada beragam kegiatan menarik selama IFBC berlangsung. Mulai dari pameran buku, di mana peserta bisa melihat, membeli, bahkan berinteraksi langsung dengan para penulis buku laris seperti Kelly Senyei dan juga Kathleen Flinn yang terkenal dengan bukunya Food Blogging for Dummies dan juga The Sharper Your Knife, The Less You Cry.

Ada juga kegiatan Live Blogging, di mana produsen makanan dan minuman diberikan waktu 5 menit untuk berinteraksi dengan para peserta. Workshop juga menjadi agenda dalam IFBC dengan beragam tema. Ada topik soal menulis blog makanan dan buku masak serta cara mengambil foto yang menarik, membangun komunitas online dan offline, dan juga topik menarik lainnya.

Ada pula kegiatan A Taste of Oregon and Gourmet Fair, yaitu para peserta bisa mencicipi aneka makanan dan minuman, dan juga berdiskusi dengan para chef dan partisipan lain. Gelaran IFBC ni menginspirasi para food blogger dari Eropa, Australia dan juga Afrika Selatan untuk menggelar acara serupa.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment