Saturday, August 25, 2012

Daging Yang Digoreng Tingkatkan Resiko Kanker Prostat


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Para pria yang hobi makan daging sebaiknya lebih waspada lagi. Pasalnya, tak cuma daging bakar saja yang memiliki efek negatif, daging yang digorengpun mampu tingkatkan resiko kanker prostat pada pria. Hal tersebut dikemukakan dalam penelitian di University of Southern California.

Menurut penelitian tersebut, daging yang diolah dengan suhu yang tinggi bisa mneghasilkan zat yang merusak DNA. Karenanya, makan 2 hamburger setiap minggu bisa meningkatkan resiko kanker prostat sekitar 40%. Penelitian tersebut melibatkan 2000 responden pria yang mengidap kanker prostat. Rupanya, mayoritas dari mereka sering mengonsumsi daging yang digoreng.

Kami menemukan jika pria yang makan lebih dari 1,5 penyajian daging merah yang digoreng memiliki resiko 30% lebih besar terkena kanker prostat. Sebagai tambahan, pria yang makan lebih dari 2,5 penyajian memiliki resiko 40% lebih tinggi mengidap kanker prostat, kata Professor Mariana Stern, salah satu peneliti.

Saat daging dimasak pada suhu tinggi dalam waktu yang lama, akan terbentuk HCAs atau heterocyclic amines dan juga PAHs atau polycyclic aromatic hydrocarbons. Keduanya memiliki kontribusi dalam penyakit kanker, termasuk kanker prostat.

Namun bukan hanya dagingnya saja yang memiliki efek buruk, namun cara memasaknyapun turut memberikan pengaruh bagi tubuh. Memasak daging dalam temperatur yang tinggi bisa menghasilkan carcinogens. Sejauh ini, para peneliti mengakui jika masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mendalami temuan ini.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment