Saturday, August 25, 2012

Chillcan, Mendinginkan Minuman Seketika


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Ingin bir dan minuman kalengan dingin dengan cepat? Kaleng ini akan menjadi kaleng 'ajaib' pertama di dunia yang bisa mendinginkan minuman seketika. Cukup tekan tombol di bagian dasar kaleng, maka minuman langsung dingin.

Kaleng ajaib ini mulai diperkenalkan di Inggris dengan nama Chillcan dan diharapkan akan dijual akhir tahun ini.Chillcan ini juga diklaim baik untuk lingkungan - pendukungnya mengklaim itu jauh lebih hemat daripada kaleng dingin yang biasa dijual di toko-toko sebelum mereka disajikan.

Produsen minuman saat ini sedang antri untuk menggunakan Chillcan. Kaleng ini sudah digunakan di Amerika Serikat dan dapat mendinginkan apa pun dari minuman soda hingga bir.Salah satu yang mendukung inovasi ini adalah Professor Roland Clift, seorang mantan peneliti penyelia Department for Environment, Food and Rural Affairs.

Professor Clift, yang saat ini bekerja di pusat strategi lingkungan Universitas Surrey, membantu menemukan solusi ramah lingkungan tanpa mencampurkan bahan-bahan berbahaya. Solusi yang diberikan dengan memakai karbon dari batok kelapa yang terkandung dalam kapsul aluminium di dalam kaleng yang diaktifkan. Karbon dioksida bertekanan dilepaskan dari kapsul, dan mendinginkan kaleng pada suhu 15 derajat Celcius.

Professor Clift mengatakan teknologi baru ini akan lebih baik untuk lingkungan daripada dispenser air yang tidak dirawat dengan baik. Ia mengatakan strategi produk ini untuk mengganti dispenser yang dianggap membuang energi. Ia mengharapkan produk ini bermanfaat untuk lingkungan yang lebih baik

(odi/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment