Thursday, August 23, 2012

Nyam-nyam, Empuk Wangi Kue Dangai dari Melayu


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Satu lagi sajian khas yang selalu disajikan saat Lebaran. Kue asal Melayu ini begitu empuk saat matang. Meskipun bahan yang digunakan sedikit dan mudah didapat, namun rasanya boleh diadu dengan kue lainnya.

Kue dangai atau biasa orang Melayu menyebutnya dengan kuih dangai. Kue ini mulai sulit ditemui namun mudah dijumpai di Kedah, Malaysia. Warga Malaysia utara begitu menggemari kue tradisional ini.

Terbuat dari beras ketan, kelapa dan gula. Semua bahan ini mudah didapat harganyapun tak mahal. Semua bahan tinggal dicampurkan semua bahan sambil diuleni hingga kalis. Kemudian adonan dimasukkan ke dalam loyang yang sudah dialasi dengan kertas roti.

Jika kurang basah bisa dipercikkan air matang dan ditekan-tekan kembali. Sekilas kue ini mirip dengan kue rangi saat matang. Warnanya yang putih pucat terdapat serat kelapa parut yang gurih bercampur manis.

Kue tradisional ini juga jadi pelengkap menu lebaran bagi orang Melayu. Kalau sedang berada di Malaysia, bisa kunjungi Wangsa Melawati untuk menikmati kue dangai yang gurih manis, meskipun Lebaran sudah lewat.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment