Monday, August 27, 2012

Buak Tat, Nastar Besar a la Lampung


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Nastar, kue kering yang berbentuk setengah bundar dan berisi selai nanas, merupakan favorit semua umur. Namun, ada sedikit perbedaan dengan buak tat yang digemari warga Lampung. Bisa dibilang, buak tat adalah nastar versi besar.

Buak tat atau tar piring adalah pie yang bagian tengahnya diisi dengan selai nanas. Biasanya permukaannya berbentuk motif ukiran. Ukurannya besar, seloyang penuh. Kue ini dipotong-potong dulu sebelum disajikan. Kulitnya berwarna kuning keemasan dan terasa lembut, sementara selainya berwarna cokelat dan terasa manis sedikit asam.

Bagi warga Lampung pesisir, buak tat adalah kue istimewa. Pasalnya, kue ini biasa hadir saat acara pernikahan adat, sunatan, atau Lebaran. Buak tat yang sudah dipotong sering disajikan sepiring dengan lapis legit basah khas Lampung. Konon, kue ini mendapat pengaruh dari Bengkulu.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat buak tat adalah tepung terigu, margarin, telur, dan gula halus. Kocok margarin dan gula hingga lembut, masukkan telur satu per satu sambil dikocok, lalu campurkan tepung terigu dan aduk rata. Setelah adonan dapat dipulung, bagi dua dan ditipiskan hingga selebar loyang. Masukkan ke dalam loyang diselingi dengan selai nanas.

Untuk selainya, gunakan nanas parut yang direbus bersama gula pasir. Tutup selai dengan adonan kulitnya, lalu buat hiasan dengan garpu. Panggang di oven dengan api bawah terlebih dahulu, kemudian dengan api atas. Kalau ingin aromanya lebih wangi, tambahkan spekuk.

Selain buak tat atau tar piring, adapula tar intir. Bedanya, tar intir tidak menggunakan selai nanas, melainkan taburan gula pasir, kacang tanah cincang, atau keju parut di atasnya. Baik tar piring maupun tar intir cocok jadi teman minum teh sambil mengobrol di sore hari.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment