Friday, August 24, 2012

Mencicipi Ayam Goreng Singkawang di Jakarta


Bondan Winarno - detikFood Jakarta - Setelah beberapa tahun absen tidak keluyuran di kawasan ini, ternyata banyak kejutan menyenangkan di sini. Antara lain sepanjang deretan Ruko Cordoba yang penuh dengan tempat makan/minum. Salah satunya adalah Warung Rawit. Apalagi karena pada papan namanya tercantum tulisan West Borneo & East Java Traditional Food.

Selama ini, bila ingin masakan khas Kalimantan Barat, biasanya saya pergi ke Sunter atau Jalan Pangeran Jayakarta. Ternyata, kini sudah ada di PIK.

Sayangnya, ketika saya tanyakan apakah ada dadar tiram yang khas Singkawang, ternyata Warung Rawit tidak menyajikannya di menu. Untungnya, kekecewaan saya segera terobati ketika pramusaji menawarkan menu lain: gurame jeruk bali (Rp 57,5 ribu). Sebetulnya, bila mendengar namanya, ini lebih mirip masakan Thailand ketimbang masakan Singkawang.

Gurame berukuran 7 ons digoreng garing, disajikan dengan kremesnya, lalu disiram dengan suwiran jeruk bali dalam saus ikan. Tidak salah lagi. Sajian ini sangat terpengaruh oleh pomelo salad yang populer di Thailand. Pomelo adalah jeruk bali yang disuwir-suwir, dan dicampurkan dalam nuoc nam (saus ikan) dan rajangan cabe rawit. Asam-pedas yang memukau sebagai saus ikan gurame goreng yang gurih dan renyah. Mak nyuss!

Pakis blacan cah udang yang datang sungguh khas Singkawang. Jenis pakis (paku) yang digunakan dalam masakan ini memang didatangkan khusus dari kalimantan Barat, yaitu jenis pakis yang berbatang kecil, sehingga bertekstur crunchy. Tendangan blacan (trasi) dan bawang putihnya pun mantap. Disajikan dengan udang yang ditumis bersama pakis.

Sayur andalan lain Warung Rawit adalah genjer oseng dan timun acar kuning. Kedua masakan terakhir ini mewakili masakan Jawa Timur yang dijanjikan di papan nama Warung Rawit. "Perwakilan" Jawa Timur lainnya adalah iga sapi penyet dan ayam goreng penyet.

Jangan lewatkan teri blacan Singkawang yang kurang lebihnya adalah sambal teri. Sajian sederhana dengan citarasa yang memukau. Ayam goreng Singkawang-nya juga khas, dengan citarasa blacan yang intens.

Setelah selesai makan, barulah saya sadar bahwa sekalipun namanya Warung rawit, ternyata sajiannya bukanlah masakan super pedas yang membuat lidah kelu. Untuk menyegarkan lidah, jangan lupa memesan minuman es jeruk nipis yang dibuat dari limau kasturi atau lemon cui. Harum dan asamnya sungguh cantik untuk membelai lidah Anda sesudah menikmati masakan pedas lezat.

Warung Rawit juga punya cabang di Kelapa Gading (021 4513687) dan Taman Palem Lestari, Cengkareng (021 91263923) dan Alam Sutra.

Warung Rawit

Ruko Cordoba Blok E No. 10

Pantai Indah Kapuk

Jakarta Utara

021 56983755

(odi/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment