Wednesday, August 29, 2012

Resto Seafood Kebanggaan Suroboyo


Bondan Winarno - detikFood Surabaya - Tentu saja, sebagai kota di tepi laut, Surabaya wajib punya resto seafood yang dapat dibanggakan. Salah satu yang populer sejak beberapa tahun terakhir ini adalah Layar Seafood. Sajian andalan di sini adalah kepiting telur asin dan kerapu kukus.

Pastikan memesan tempat atau datang lebih awalm, khususnya pada saat makan malam karena restoran besar ini biasanya penuh dengan pelanggan setia. Warga Surabaya sering membawa tamu-tamu dari luar kota untuk dijamu makan di Layar Seafood.

Rumah makan ini berkonsep seafood market, dengan berbagai ikan hidup di-display di luar untuk dipilih tamu sebelum menentukan jenis masakan untuk ikan/udang/cumi/kepiting yang dipilih.

Kepitingnya besar-besar, dapat dipilih yang jantan (berdaging) atau betina (bertelur) tergantung kesukaan kita. Seperti biasa pula, kepiting yang ditawarkan di sini dalam keadaan hidup dan dijual berdasar berat hidupnya dengan harga Rp 90.000 per kilo. Supaya mantap, piliha kepiting yang sekitar 1,5 kilogram beratnya. Cukup besar untuk disantap berempat, dan dagingnya masih lembut dan manis.

Kepiting yang sudah lebih besar dengan berat di atas 2 kg -- cenderung lebih kasar seratnya dan kurang manis lagi karena sudah terlalu tua. Selain dimasak telur asin, saus padangnya juga enak. Sekalipun namanya saus padang dan berwarna merah seperti cabe, tetapi saus masakan kepiting ini tidak seberapa pedas. Tone manis-gurihnya lebih menonjol daripada pedasnya. Mirip masakan chili crab yang populer di Singapura. Di sini juga bisa dipesan roti goreng (mantau) untuk mencocol saus pedas manis ini. Mantaap!

Ikan kerapunya juga dijual dalam keadaan hidup. Kerapu merah dijual dengan harga Rp 500 ribu per kilo. Yang lebih murah adalah kerapu lumpur (berwarna abu-abu) dengan harga Rp 25 ribu per kilo. Cara mengukusnya istimewa. Berbeda dengan kebanyakan restoran seafood lainnya.

Ikan kerapu yang sudah dibersihkan di beri bumbu kecap asin dan minyak wijen, kemudian dibungkus dalam paket kertas aluminum bersama bokchoy dan jamur hioko, lalu dikukus. Bumbu minimalis untuk mengukus ikan seperti ini umumnya disebut Hong Kong-style. Pengukusan di dalam paket kertas aluminium ini membuat kematangannya lebih merata.

Selain kepiting telur asin dan kerapu kukus yang dibanggakan, Juga tersedia berbagai masakan udang dan cumi-cumi. Selain udang telur asin, yang juga populer di sini adalah udang havermut yang mirip masakan cabe-garam, tetapi ditambah kremesan dari havermut yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

Layar Seafood

Jl. Raya Bukit Mas 109

Surabaya

031 5683716

(dev/dev) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment