Tuesday, August 28, 2012

Melacak Gurih Renyah Sepotong Croissant Tuna Sandwich


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Atas nama rindu, maka kembali sepotong croissant berisi tuna salad, sajian andalan cafe ini jadi camilan sore. Segelas kiwi lemonade yang dingin asam segar mengiringi suapan croissant legendaris ini. Nyam..nyam..gurih-gurih renyah!

Aroma wangi mentega yang menguar menandakan roti yang dipanggang sudah mendekati matang. Itulah yang tercium beberapa tahun silam saat melintasi Ohlala Cafe yang ada di Plaza Indonesia. Beragam croissant dan danish pastry juga roti menjadi andalan cafe ini. Semuanya dijajarkan di dalam lemari kaca dan dipanaskan langsung sehingga aroma wanginya selalu menggelitik hidung.

Cafe ini sudah ada di Jakarta sejak tahun 1990. Kiini sudah punya beberapa outlet di Jakarta dan Bandung. Agaknya konsep cafe yang merupakan jaringan franchise inipun berubah. Orang tak bisa lagi mengantri langsung di counter, memilih roti atau pastry plus minuman, membayar, mengambil cutlery dan duduk menikmatinya. Wangi kopi yang diseduh dan mentegapun tak bisa dinikmati langsung.

Itulah yang pertama kali terasa hilang dari cafe legendaris ini. Kini, interiornya bernuansa putih elegan dengan paduan warna hitam. Lebih segar dan cantik. Sistem pemesanan makanan seperti cafe lain, melalui buku menu. Buku menunya dilengkapi dengan gambar makanan yang cantik.

Buat camilan ada potatoes wedges, bruchetta atau mixed platter yang isinya komplet. Menu lainnya terdiri dari caesar salad, tuna sandwich, hotdog, dan cheese burger. Beragam olahan pasta seperti lasagna, aglio olio dan spaghetti spicy tuna pun tersedia sebagai pilihan. Kalau mau yang mantap ada Ohlala Chicken roast yang jadi andalan atau chicken cordon blue.

Deretan minuman kopi, the, aneka jus hingga pilihan dessertpun melengkapi deretan menu cafe ini. Karena hanya ingin melacak kelezatan tuna salad, maka sayapun memilih tuna salad dengan croissant sebagai rotinya. O,ya zuppa soup, sup krim ini masih dalam daftar menu sebagai signature.

Beragam sandwich termasuk menu Le Sandwich Creation. Isiannya selain tuna salad, ada pastrami, grilled chicken, salmon gravlax. Sedangkan rotinya bisa memilih ciabatta, panini, white bread, croissant atau whole wheat bread.

Croissant tuna salad sandwich (Rp.60.000) disajikan dalam piring putih segi empat, dihiasi 2 iris tipis kyuri dan jeruk lemon. Hmm... tak tercium aroma wangi mentega. Namun, saat dipotong dengan pisau, terasa renyah garing. Salad tunanya cukup padat berjejalan di atas selembar daun selada.

Saat dikunyah ternyata ikan tunanya berbalut mayones yang cukup proposional meskipun tak terlacak rasa renyah acar timun. Sayang sekali croissantnya sedikit terlalu kering. Kebetulan saya suka croissant yang lembap di bagian dalam dengan crust yang renyah wangi di bagian luar plus beraroma butter.

Di bagian bawah adonan tuna mayonnaise ada irisan tomat, kyuri (timun hijau) dan selembar daun selada. Rasa gurih lembut tuna ini memangserasi dengan renyah segar kyuri. Namun, irisan tomat yang masih kehijauan dan asam membuat tuna salad ini kurang sempurna enaknya. Andai saja tomatnya merah ranum sedikit manis pastilah camilan sore ini jadi sempurna.

Untung saja segelas Kiwi Lemonade (Rp.38.000), yang berupa campuran sirop kiwi, air soda dan es yang di-blended ini memberi rasa asam segar. Rasa manisnya lumayan dominan karena bukan dari buah kiwi segar yang dicincang. Namun, cukuplah buat mengiringi rasa gurih pekat tuna salad. Setidaknya bisa sedikit menepis udara panas di sore yang terik. Meski tak terlalu puas menebus rindu, tempat ini bisa jadi alternatif buat sekedar menikmati jeda sore. Oh la la!

Oh La La Cafe

Mall Gandaria City lt. UG

Jl. Iskandar Muda

Jakarta Selatan

Plaza Indonesia

Plaza Indonesia Lantai 2 Unit 1001

Jl. MH Thamrin Kav 28-30

Jakarta Pusat

(odi/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment