Friday, August 24, 2012

Krenyes Lembut si Telur Emas dari Hong Kong dan Portugis


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Pastry gaya Cina ini kini sangat populer. Maklum saja bagian luarnya krenyes renyah dan bagian dalamnya lembut mengelus lidah. Paduan manis gurihnya memang lezat. Di bakery ini ada beragam pilihan isi. Cokelat, kacang, dan keju. Celakanya semuanya enak!

Egg Tart, pastry asal Canton ini memang populer di Hong Kong sebagai jenis dim sum manis. Konon pastry ini sudah dikenal sejak tahun 1940 an yang diadaptasi dari kue Inggris yang memiliki Hongkong sebagai koloninya. Namun, ada yang menyebut egg tart ini dibawa oleh orang Portugis yang berdagang di Macau. Karena bentuknya sangat mirip dengan pastel de nata, yang dikenal sebagai Portuguese Egg Tart.

Terlepas dari mana asalnya, egg tart di Golden Egg Tart & Bakery sudah cukup dikenal. Aroma wangi mentega dan telurpun langsung tercium saat memasuki area salah satu bakerynya yang ada di kawasan Living World Alam Sutera. Open bakery yang diterapkan membuat pengunjung dimanja dengan hirupan aroma wangi kue saat ada di bakery ini.

Beberapa oven dua deck berjajar di sisi kitchen dan terus menerus memanggang egg tart. Egg tart yang sudah diangkat langsung ditaruh di atas rak dengan pemanas sehingga selalu hangat. Dua jenis egg tart juga ada di sini sebagai pilihan yang klasik.

Yang satu adonan kulitnya memakai shurtcrust pastry, adonan kulit pie yang terdiri dari tepung terigu, mentega dan gula. Adonannya mirip biskuit halus dan renyah. Sedangkan yang satu egg tart Portugis yang memakai puff pastry.

Dilihat sekilas tampilannya memang berbeda. Yang gaya Protugis adonan puff pastrynya kecokelatan bergelombang dengan adonan isi kuning licin sedikit berbercak cokelat. Sedangkan yang gaya Hongkong seperti pie biasa dengan adonan telur yang kuning mulus. Hmm..keduanya sama menggiurkan!

Sekali gigit..kres-kres terasa renyah manis kulit egg tart Portugis. Sementara adonan custard (kuning telur dan susu) terasa lembut meleleh di lidah. Nyam..nyam sensasi lembut renyahnya sangat unik. Rasa manisnya tak berlebihan. Demikian juga dengan egg tart Hong Kong yang kulitnya lebih renyah padat seperti pie. Custardnya lebih mulus mirip puding dengan rasa manis yang tak berlebih.

Kecuali dua egg tart klasik itu, varian isian egg tart lain tak kalah menggoda. Ada keju, cokelat keju, dan almond. Yang cokelat, isiannya agak menggembung, sedikit dikoyak langsung tercium aroma wangi rhum. Legit cokelatnya beradu dengan cincangan kacang yang renyah enak.

Yang paling mantap, cheese egg tart dengan custard keju krim yang lembut gurih dengan sedikit aksen manis. Demikian juga dengan perpaduan cokelat dan keju. Manis-manis gurih dengan aksen aroma rhum yang semerbak. Wah, ternyata sensasi rasa yang berbeda di tiap jenis egg tart ini tak bikin bosan.

Gara-gara melihat beberapa orang menyantap langsung puding cokelat yang tampak menggiurkan, Chocolate Pistachio Bavarois saya jadi penasaran. Hmm.. benar saja dugaan saya. Puding yang dicetak dalam mangkuk aluminium foil ini permukaannya berupa adonan cokelat licin. Dihiasi sepotong manisan ceri merah dan cincangan pistachio plus hiasan white chocolate.

Sekali suap langsung terasa kelembutan chocolate bavaroisnya, di bagian bawahnya ada sponge cake yang lembut diselingi cincangan pistachio. Yang sangat terasa kuat adalah aroma rhum yang harum. Serasi dengan rasa puding yang legit krenyes. Ah, yang satu ini langsung jadi favorit saya!

Harga aneka egg tartnya semuanya sama @ Rp.6.600,00 kecuali Chocolate Pistachio Bavarois Rp. 8.900,00. O,ya supaya tak membuang waktu untuk antri jika membeli dalam jumlah banyak sebaiknya menelpon dulu. Semua egg tart disajikan 'freh from the oven' juga aneka jenis roti lainnya. Jadi, kalau ingin yang hangat mengepulpun bisa langsung mengantri di bakery yang membuka toko pertamaya di Pasmo BSD.

Golden Egg Tart & Bakery

Pasar moderen BSD Blok R 60

Tangerang

Telpon: 021- 53158430

Gandaria City

Jalan Sultan Iskandar Muda

2nd Floor

Tel: 021 2905 3263

Living World Alam Sutera

Ground Floor G-38B

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment