Wednesday, August 22, 2012

Hmm..Sedap Nikmat Nasi Jamblang Berbungkus Daun Jati


Fitria Rahmadianti - detikFood Jakarta - Makanan yang dibungkus dengan daun memang terasa lebih sedap. Aroma daunnya membuat hidangan menjadi lebih wangi. Kalau nasi yang dibungkus daun pisang atau daun kelapa sudah biasa. Namun yang berbungkus daun jati seperti nasi jamblang rasanya unik!

Nasi atau sega jamblang adalah makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Daun jati dibuat menjadi bungkus atau alas makan nasi putih dengan lauk yang dapat diambil sendiri (prasmanan). Jika bungkus nasi jamblang dibuka, wanginya akan semerbak dan memberi rasa unik pada nasinya.

Kabarnya, penggunaan daun jati untuk membungkus nasi agar makanan ini tahan lebih lama dibanding dengan daun pisang. Pasalnya,d aun jati memiliki pori-pori yang bisa menjaga kualitas nasi agar tetap pulen meski disimpan lama. Apalagi daun jati berukuran besar dan dapat memuat seporsi nasi. Pohon jatipun mudah ditemukan di Cirebon.

Sebutan jamblang tidak ada hubungannya dengan buah jamblang yang sepat dan asam itu. Konon, nama ini berasal dari daerah asal hidangan tersebut, yakni Desa Jamblang di sebelah barat kota Cirebon. Dulu, makanan ini diperuntukkan bagi para pekerja paksa jalan dari Anyer ke Panarukan yang melewati Kabupaten Cirebon pada zaman pemerintahan Belanda.

Karena awalnya dijual untuk para buruh, meski lauknya beragam dan bebas dipilih, harganya relatif sangat murah. Salah satu nasi jamblang yang paling terkenal di Cirebon pun terletak di pintu masuk pelabuhan, meski warung makan ini tak hanya dikunjungi oleh kuli dermaga. Di dalam kota bisa mampir ke nasi jamblang mang Dul di jl. Cipto yang tak pernah sepi pengunjung.

Deretan lauknya yang jumlahnya bisa lebih dari 20 jenis membuat lapar mata. Ada paru, semur daging atau ikan, perkedel, telur, ikan asin, pepes, serta tahu tempe. Sate udang, kerang, telur puyuh, kentang, atau beragam daging dan jeroan juga tersedia. Agar makin mantap, tambahkan sambal cabai iris goreng atau sambal kerang. Lengkapi dengan peyek udang atau teri yang kriuk-kriuk.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment