Thursday, August 23, 2012

Makanan Berumur 2000 Tahun Ditemukan di Pantai Italia


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Amphorae, kendi zaman Roma berisi makanan yang sudah berusia 2000 tahun ditemukan di laut Italia. Kendi ini merupakan barang dagangan yang akan di jual ke Spanyol. Dimuat dalam sebuah kapal yang tenggelam di laut.

Kapal dagang ini tenggelam 2000 tahun yang lalu pada saat melakukan perjalanan perdagangan antara Spanyol dan Italia pusat dengan muatan penuh lebih dari 200 kendi.

Kapal Romawi dengan kondisi hampir utuh ini ditemukan di laut lepas kota di Varazze, sekitar 18 mil dari kota Genova, Italia. Sebuah mesin remote control mengikuti jejak penemuan ini setelah mendapat kabar dan dari nelayan setempat yang jaringnya tidak sengaja tersangkut di salah satu kendi.

Pengujian pada beberapa kendi yang sudah dibersihkan yang ternyata didalamnya berisi ikan yang sudah difermentasi, gandum, anggur dan minyak.

"Ada beberapa guci rusak sekitar bangkai kapal, namun kami percaya bahwa sebagian besar kendi di dalam kapal masih disegel dengan makanan penuh," kata Letnan Kolonel Francesco Schilardi, yang memimpin Subacquei Carabinieri.

Penemuan ini merupakan berita baik bagi para peneliti untuk mempelajari lebih jelas gaya hidup bangsa Roma. Seperti dilansir Dailymail bentuk kapal ini adalah sebuah bangkai kapal terbaik yang pernah ditemukan. Kapal ini tenggelam di kedalaman 2000 kaki di bawah laut dan akhirnya dibawa naik oleh pihak berwajib di Italia.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment