Monday, August 27, 2012

Lao Shu Fen, si Ekor Tikus yang Lentur Enak


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Biasanya mie memiliki bentuk memanjang yang memberikan sensasi asyik saat disantap. Namun berbeda dengan mie yang satu ini. Ukurannya tak lebih dari 5 cm. Karena ukurannya pendek dan berwarna putih bersih, mie beras ini dijuluki lao shu fen!

Dibandingkan dengan jenis mie beras lainnya, lao shu fen termasuk mie yang populer. Bentuknya lebih kecil dibanding mie pada umumnya, dengan ukuran yang pendek-pendek. Mie ini banyak ditemukan di Hong Kong dan Taiwan, dan banyak dijajakan penjual makanan pinggir jalan. Saat mencobanya, jangan kaget jika lao shu fen pesanan Anda tampak seperti olahan ulat ataupun ekor tikus!

Lao shu fen alias ekor tikus ini memiliki banyak sebutan, salah satu yang paling dikenal adalah yin zhen fen atau silver needle noodle. Agaknya, dinamakan silver needle karena ukurannya yang mirip dengan teh jenis Silver Needle atau white tea kualitas tinggi. Jika ingin memesan mie ini, lebih baik menyebut yin zhen fen, karena artinya yang lebih mudah dimengerti (silver needle noodle).

Lao shu fen dibuat dengan tepung beras, namun ada juga yang menambahkan tepung jagung agar lebih baik hasilnya. Mie yang siap masak juga banyak tersedia, jadi tak perlu repot jika ingin membuat olahan lao shu fen. Seperti mie lainnya, lao shu fen paling pas jika diolah menjadi mie goreng dengan aneka racikan bahan, bumbu dan juga kecap manis, juga mie kuah.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment