Thursday, August 30, 2012

Mana Dendeng Balado Nan Lamak di Jakarta?


Rekomendasi Redaksi

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Dendeng sapi khas Sumatera Barat ini nyaris sama populernya dengan rendang. Daging paha sapi yang diiris tipis dan digoreng kering ini disiram lado atau cabai yang rasanya pedas, asin dan sedikit manis. Di antara empat resto Minang di Jakarta ini, mana yang menyajikan dendeng balado terlezat?

Yang dipilih orang saat makan di restoran Padang selain rendang adalah dendeng balado. Nama balado ditambahkan sebagai tanda olahan dendeng ini memakai cabai merah sebagai bumbunya. Irisan dendeng yang tipis kecokelatan dan kering, disiram cabai merah besar yang digerus kasar dengan sedikit genangan minyak.

Dendengnya dibuat dari daging paha atas sapi yang diiris membujur serat tipis-tipis, dibumbui bawang dan garam lalu dikeringkan dengan cara dijemur. Setelah itu digoreng kering hingga renyahnya nyaris seperti kerupuk. Bumbu cabainya dibuat dari cabai merah besar, bawang merah, bawang putih, garam dan cuka. Bmbu ini disiramkan ke atas dendeng saat disajikan. Tekstrunya garing dan renyah dan bumbunya pedas gurih asam. Amboi... lamaknyo!

Tiap restoran Padang di Jakarta, masing-masing punya racikan dendeng balado yang khas. Detikfood juga telah mencicipi dendeng balado dari empat restoran Padang di Jakarta. Resto Natrabu Minang Restaurant, Sederhana Bintaro Masakan Padang, Sari Bundo dan Sederhana Masakan Padang.

Di Resto Natrabu Minang, dendengnya punya potongan yang sedikit tebal yang nyaris seragam ukurannya..Warna dagingnya yang kecokelatan. Saat digigit terasa garing dan sedikit keras dengan rasa asin yang pas.

Sambal baladonya merupa gerusan cabai merah besar dan bawang merah. Meskipun tidak terlalu pedas, tekstur cabainya masih renyah dengan aksen semburat asam yang enak. Seporsi dendeng balado disini harganya Rp. 14.000.00.

Lain lagi dengan dendeng balado dari Sederhana Bintaro Masakan Padang. Potongan dagingnya tipis dan berwarna cokelat agak muda. Teksturnya garing dan renyah nyaris seperti kerupuk. Potongannya yang agak kecil.

Sambal baladonya berupa potongan cabai merah besar yang melebar dengan ukuran sedang. Rasa pedasnya tak terlalu tajam dengan semburat rasa agak manis. Hanya dengan Rp. 11.000.00 Anda bisa menikmati lemaknya dendeng balado ini.

Dendeng balado di Sari Bundo juga tak kalah enaknya. Dagingnya kecokelatan dan ukurannya sedikit lebar dan agak tebal. Karena teksturnya renyah dan garing terasa gurih dan mudah dipotong. Rasa asam pada sambalnya sedikit terasa dengan potongan kulit cabai merah yang beraroma sedap. Perporsinya dijual seharga Rp. 18.750.00.

Sedangkan dendeng balado di Sederhana Masakan Padang, daging dendengnya tampil mengkilat dengan potongan cabai merah agak besar. Bagi yang tidak suka rasa pedas tak perlu khawatir untuk menikmati dendeng balado ini. Per porsi dijual seharga Rp. 12.000.00.

Dari ke empat rumah makan ini agaknya balado yang masih kuat cita rasa Minangnya adalah racikan restoran Natrabu. Rasa asam dengan aroma sedap dari cabai dan bawang putihnya sangat seimbang. Jika Anda rindu masakan Minang yang kuat nuansanya bisa mencicipi dendeng balado restoran ini. Sedangkan untuk Anda yang tak suka rasa asam pekat, Anda bisa pilih Sari Bundo atau Sederhana Bintaro Masakan Padang dan Sederhana Masakan Padang. Karena ada sedikit rasa manis pada bumbunya.

Untuk tekstur dendeng yang renyah gurih nyaris seperti kerupuk, restoran Sederhana Bintaro paling jagoan. Nyaris tak ada rasa keras serat daging, meskipun potongan daging tetap utuh dan tidak rusak atau remuk.

Hmm.. apapun selera Anda, dendeng balado paling mantap disantap dengan seporsi nasi hangat yang disiram sedikit kuah gulai plus gulai cubadak. Tentunya dimakan langsung dengan tangan seperti layaknya orang Minang. Onde mande lamaknyo!

Natrabu Minang Restaurant

Jl. KH. Agus Salim No. 29A

Jl. Hos Cokroaminoto Menteng No.84.

Sederhana Bintaro Masakan Padang

Jl. Taamn margasatwa No. 12

Warung Buncit, Jakarta Selatan

JL. Tebet Raya No. 84

Jl. Metro Pondok Indah Kav IV

Jakarta Selatan, Jakarta

Sari Bundo

Jl. Ir. H. Juanda No. 27, Jakarta

Sederhana Masakan Padang

Jl. Ampera Raya No. 99

Cilandak, Jakarta Selatan

Apartment Taman Rasuna

Lt 2 Jl H.R. Rasuna Said.

Jl. KH. Abdullah Syafi'ie No.2

(Lapangan Ros), Jakarta Selatan

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment