Wednesday, August 29, 2012

Pedas-Pedas Kenyal si Seblak Basah


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Mungkin Anda sering mencicipi seblak kering. Camilan dari kanji yang renyah gurih ini selalu jadi oleh-oleh saat mampir ke Bandung. Padahal jenis yang kering lebih seru rasanya. Kenyal-kenyal gurih dengan balutan bumbu cabai yang menggigit.

Seblak basah merupajan camilan yang terbuat dari adonan tepung kanji yang dibentuk mirip kerupuk kanji. Bisa bundar pipih, kecil memanjang atau berbentuk lain sesuai selera penjualnya. Adonan ini kemudian direbus lalu ditumis dengan bumbu.

Bumbunya yang terbuat dari cabai, bawang putih, garam dan kencur yang dihaluskan. Teksturnya agak kenyal dan rasanya yang gurih pedas. Karenanya digemari sebagai camilan asyik. Versi yang ini dikenal sebagai seblak original atau asli.

Namun, seblak juga sering diolah dengan cara lain. Ditumis dengan tambahan telur, sayuran, mie dan sosis atau bakso. Jadi mirip dengan mie goreng komplet. Tentu saja harganya lebih mahal tetapi rasanya lebih enak dan mengenyangkan.

Di Kota Bandung, berbagai gerobak kaki lima penjual seblak basah dapat ditemui di banyak tempat. Biasanya para penjual seblak menjajakan dagangannya di sekitar area sekolah atau pusat perbelanjaan. Seblak basah ini bisa didapatkan dengan harga Rp 5.000,00 per porsi.

Namun, Anda harus bersiap karena seblak ini banyak dicari dan harus rela mengantri. Di saat udara Bandung mulai terasa dingin, memang asyik makan seblak basah yang gurih, kenyal dan pedas ini. Murah dan mengenyangkan!

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment