Thursday, August 23, 2012

Nasi Begana dan Tahu Telor Pengobat Rindu


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Tak bisa mudik dan kangen masakan daerah? Buat mereka yang berasal dari Jawa Tengah, mampirlah ke sini. Mau menyantap es degan, tahu susur, nasi langgi atau mangut iwak pe. Ah, semuanya diracik dengan bumbu otentik. Rasanyapun lezat menggoyang lidah. Rindu kampungpun bisa tuntas!

Meskpun sederhana masakan khas daerah sering mengundang rindu tak terbendung. Maka tak heran jika kini mulai banyak resto menawarkan citarasa otentik daerah dengan penyajian modern berkelas. Melengkapi banyak resto bermenu Indonesia, Remboelan pun hadir di Plaza Senayan, sebuah mal yang selalu padat di Jakarta Selatan.

Meskipun letaknya di lantai 4 tepatnya agak memanjang dengan posisi melengkung, resto yang berinterior serba kayu ini tak pernah sepi. Pengunjung harus menapaki tangga untuk mencapai restoran. Maklum saja buat yang berasal dari Jateng, menu yang ditawarkan termasuk sangat menggoda.

Mau memesan hidangan yang ringan dulu, ada rujak pengantin, lumpia Semarang, sosis Solo atau tahu susur tongtong brong. Buat yang kangen hidangan Belanda, ada husarensla, galantine, bistik lidah, hingga bitterballen. Belum lagi sejumlah hidangan populer seperti sate sapi, sate ayam, pindang bandeng, mangut iwak pe dan beragam pilihan nasi komplet.

Nasi pecel, nasi kuning,nasi begana, nasi langgi merupakan pilihan nasi rames atau nasi komplet khas Jawa. Rasanya semua tawaran di buku menu sangat menggiurkan terutama jika sedang kangen masakan rumah. Nasi begana plus tahu telur pun jadi pilihan buat meredam rasa lapar.

Tahu telurnya (Rp. 32.000) disajikan dengan gaya berbeda. Bukan tahu diaduk dengan telur lalu dibuat omelet seperti lazimnya yang disajikan di rumah. Namun, tahu telur gaya Singapura, potongan tahu sutera diaduk dengan telur kocok dan dicetak dalam bentuk silinder meninggi.

Serabut halus telur gorengnya tampak 'bersarang' di bagian tengahnya. Diisi dengan irisan halus wortel dan tauge kemudian diberi taburan kacang tanah cincang dan seledri cincang. Saus kecap kacang dan petis yang kecokelatan menggenangi tahu telur yang cantik ini.

Hmm...sekali gigit terasa renyah gurih dengan selingan rasa lembut tahu. Saus kacang petisnya yang manis, sedikit asam berselingan dengan renyahnya kacang. Sebuah kombinasi yang unik di lidah. Porsinya lumayan besar sehingga enak dimakan berdua.

Nasi Begana (Rp.35.000) adalah nasi komplet versi Jateng disajikan apik di atas piring khusus berbentuk bundar. Di tengahnya ada nasi kuning dan putih berbentuk kerucut. Dikelilingi oleh 7 jenis lauk yang serba sediikit. Oseng suun, opor ayam yang disuwir, empal kelem yang dipotong kecil, sambal goreng hati ayam, oseng kacang panjang, telur pindang, sambal, timun dan kemangi.

Kalau biasanya nasi ini dibungkus daun, kini bisa dinikmati dengan gaya lebih elegan. Opor ayamnya tidak terlalu gurih karena santannya encer, demikian juga dengan empal kelem yang tak terlalu manis. Sambal goreng hati yang pedas menjadi penyeimbang rasa lauk yang komplet ini.

Sementara sambal, timun dan kemangi merupakan condiment wajib racikan nasi ini terasa pas pedasnya. Buat yang tak biasa menyantap nasi dengan banyak lauk mungkin agak bingung. Aneka lauk yang diberikan serba sedikit dengan aneka rasa ini mengingatkan akan keunikan kuliner Jawa ini.

Ternyata meski disantap perlahan, tahu telor plus nasi komplet ini bikin kenyang. Makin komplet ditutup dengan sepotong apem dan klepon sebagai pencuci mulut. Berikut segelas es teh tubruk jadi pengiring santapan nostalgia ini.

Wah, masih ada sederetan menu yang jadi incaran. Mangut iwak pe, sosis solo, rujak pengantin dan pindang bandeng. Tak perlu risau lagi kalau kangen masakan home cooking, di sini bisa dinikmati buat makan siang dan malam. Eco sakestu!

Remboelan 'Indonesian Soulfood'

Plaza Senayan, 4th floor

Jl. Asia Afrika No. 8, South Jakarta

Telpon: 021-5725088

(odi/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment