Friday, August 31, 2012

Minum 6 Cangkir Kopi Sehari Kurangi Risiko Kanker Usus


Mutiara Adistie Putri - detikFood Jakarta - Berapa cangkir kopi Anda minum sehari? Kabar gembira buat penggila kopi. Selain mencegah gagal jantung, ternyata kopi juga dapat mengurangi risiko kanker usus. Penelitian baru menemukan bahwa minum 6 cangkir kopi per hari dapat mengurangi risiko kanker usus.

Seperti yang dilaporkan oleh Daily Mail, peserta penelitian yang meminum empat cangkir kopi per hari ternyata dapat penurunan tumor sekitar 15%. Sedangkan peserta yang meminum kopi sebanyak enam cangkir atau lebih, berhasil menurunkan hingga 40% kemungkinan lebih kecil terkena penyakit, seperti kanker usus.

Kanker usus memiliki angka kematian yang tinggi, yaitu sekitar 16.000 dalam setahun. Hal tersebut terjadi karena banyak korban yang mengabaikan tanda-tanda peringatan dini dan hanya mencari bantuan medis setelah kanker menyerang lebih lanjut.

Mengonsumsi daging merah dan lemak serta kurang olah raga diperkirakan menjadi salah satu faktor risiko utama kanker usus. Beberapa penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kopi dapat memiliki efek percegahan meskipun temuan ini belum meyakinkan.

Dalam penyelidikan terbaru, para peneliti di US National Center Institute di Rockville, Maryland, mempelajari hampir 490.000 pria dan wanita dalam penelitian diet dan kesehatan. Para peneliti menganalisis pola makan, kebiasaan minum, dan tingkat kanker yang diderita. Kemudian membandingkan usus antara peminum kopi dan non-peminum.

Mereka menemukan penurunan kecil tetapi signifikan dalam risiko tumor pada mereka yang meminum kopi sebanyak 4-5 cangkir sehari. Namun, manfaat terbesar terlihat ketika mengkonsumsi kopi sebanyak 6 cangkir sehari dengan risiko penurunan hingga 40% untuk beberapa jenis tumor.

Hal ini sangat menggembirakan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko kanker usus. Mengingat bahwa lebih dari 40.000 pria dan wanita yang didiagnosis terkena penyakit tersebut di Inggris setiap tahun. kata Dr Euan Paul, Executive Director of the British Coffee Association.

Namun ia menekankan bahwa perempuan hamil harus mengikuti saran NHS,asupan kafein diperbolehkan sebanyak 200 mg per hari. Karena meminum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan risiko keguguran. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment