Monday, August 27, 2012

Perusahaan Junk Food Inggris Gencar Kembangkan Produk Sehat


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Beragam restoran cepat saji di Inggris kini sudah mulai menyajikan produk sehat. Beragam produk sehat terus dikembangkan. Bahkan jutaan poundsterling diberikan pada perusahaan junk food terbesar guna penelitian ini.

Perusahaan yang memproduksi beberapa merk junk food terkenal dan terbesar menerima bantuan dari wajib pajak. Berdasarkan laporan departemen Vince Cable, Business Secretary, bantuan ini digunakan untuk memenuhi janji para perusahaan junk food agar mengurangi penggunaan garam dan lemak di setiap menu yang ditawarkan.

Uang itu dibelanjakan untuk proyek-proyek penelitian dengan universitas dalam menciptakan teknologi baru dan belanja bahan-bahan guna penelitian. Beberapa kritik juga dipertanyakan, apakah dana publik ini benar-benar digunakan untuk membantu perusahaan-perusahaan dalam meningkatkan nilai gizi dari menu makanan.

Setidaknya sebanyak 2,9 juta atau sekitar Rp. 43,5 miliar digunakan untuk penelitian pemerintah dalam mendanai proyek ini. Penelitian yang dipimpin oleh produsen makanan ringan ini dikhususkan hanya untuk meneliti produk sehat.

Salah satunya adalah perusahaan PepsiCo, untuk mengembangkan teknologi dalam pengurangan garam. Penelitian yang dilakukan di Univerity of Birmingham akan menciptakan makanan ringan yang dipanggang.

Penelitian ini dilakukan setelah adanya penandatanganan pihak perusahaan dengan Departemen Kesehatan mengenai kesepakatan terhadap pengurangan jumlah kalori dan kadar garam di setiap produk. Tepatnya sebanyak 170 organisasi industri makanan dan minuman sepakat dengan penelitian ini.

Tidak hanya itu, sebelumnya pemerintah Inggris juga telah menghadapi kecaman dari kampanye kesehatan tentang peraturan keamanan junk food. Pemerintah dituduh memberikan peluang kepada perusahaan makanan agar bisa dengan mudah mendaftar dengan janji akan menyajikan makanan sehat pada konsumennya.

Meskipun begitu para pengusaha merasa bangga dengan penelitian ini. Kebanyakan dari mereka setuju dengan kampanye anti-junk food. Hasil penelitian berdampak positif ini diharapkan dapat berguna bagi kesehatan seluruh konsumennya.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment