Saturday, September 1, 2012

Ternyata Penggemar Milk Chocolate Lebih Sensitif Pada Rasa Pahit


Mutiara Adistie Putri - detikFood Jakarta - Cokelat punya beragam jenis dengan gradasi rasa pahit yang berbeda. Menurut ilmuan pangan Penn State, pecinta dark chocolate memiliki toleransi lebih tinggi terhadap rasa pahit daripada orang yang suka dengan milk chocolate.

Dalam beberapa kasus, rasa makanan akan mudah terdeteksi tetapi hal tersebut tidak otomotis menunjukkan kesukaan akan rasa makanan tertentu. Namun orang yang lebih suka milk chocolate akan lebih cepat mengindentifikasi rasa dan bereaksi tidak menyukainya. kata Meriel Harwood, seorang mahasiswa pascasarjana pangan.

Penelitian ini melibatkan 85 peserta yang dibagi menjadi dua kelompok berdasarkan kesukaan mereka pada cokelat. Sebanyak 43 orang menyatakan lebih menyukai milk chocolate, sedangkan sisanya lebih suka dark chocolate.

Para peserta mengikuti serangkaian tes, dan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok yang menyukai milk chocolate dengan cepat menolak SOA, zat pahit yang dicampurkan ke dalam cokelat yang digunakan untuk pengujian. Sedangkan kelompok yang menyukai dark chocolate, terus memakan cokelat tersebut.

Para pecinta dark chocolate memiliki ambang batas penolakan terhadap rasa pahit lebih dari 2,5 kali tingkat ambang penolakan yang dimiliki penggemar milk chocolate. Uji ambang deteksi adalah salah satu tes rasa yang paling umum digunakan dalam ilmu sensorik dan biasanya dipasangkan dengan afeksi.

Menurut Harwood uji kemampuan menerima makanan ini lebih sederhana dan merupakan cara untuk mengecek kemampuan seseorang menerima rasa makanan. Bukan menguji kemampuan orang menerima suatu produk.

Produsen makanan juga mungkin dapat menggunakan bahan alternatif, seperti penggantian gula atau garam, jika mereka lebih awal dapat mengidentifikasi tingkat ambang penolakan untuk bahan-bahan dalam produk. Hal ini bisa memberikan pengembangan produk lebih fleksibel, ketika mereka menciptakan resep. Para peneliti melaporkan temuan mereka dalam versi online dalam Journal of Food Science.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment