Tuesday, September 25, 2012

CCIM Meksiko Meminta Pengakuan Dari LPPOM MUI


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Meskipun menjadi negara minoritas Muslim, namun Meksiko sudah memiliki lembaga sertifikasi halal. Lembaga El Centro Cultural Islamico de Mexico (CCIM) telah melakukan sertifikasi halal terhadap perusahaan di negaranya. Lembaga inipun ingin memperluas cakupannya dengan mencari peluang pasar di Indonesia sebagai negara mayoritas Islam.

Karenanya, delegasi dari CCIM mengadakan kunjungan ke kantor LPPOM MUI di Bogor. Hadir Direktur CCIM, Mark Omar Weston, bersama dengan Gabriel Padilla selaku General Coordinator for Trade, Promotion and Exports Kementrian Pertanian Meksiko. Serta didampingi juga oleh Carmen Robledo Lopez, dari bagian ekonomi dan perdagangan kedubes Meksiko di Jakarta.

Tujuannya datang ke kantor LPPOM MUI adalah untuk mendapatkan pengakuan dari lembaga ini. Hal tersebut dilakukan karena ada peraturan yang mengharuskan produk impor memiliki Sertifikat halal yang dikeluarkan oleh lembaga yang diakui oleh MUI. Kunjungan itupun diterima oleh tuan rumah, yang dipimpin oleh Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim, M.Si.

Selain itu, pihak CCIM juga meminta penjelasan mengenai persyaratan dan prosedur lembaga sertifikasi halal dari luar negeri agar mendapat pengakuan dari MUI. Hal tersebut disambut baik oleh pihak LPPOM MUI yang menjelaskan secara rinci mengenai sistem jaminan halal yang berlaku.

Para delegasi dari Meksiko berharap, dengan diakuinya lembaga sertifikasi halal Meksiko oleh MUI, tentu akan mempermudah dalam menjalin perdagangan ekspor produk dari Meksiko ke Indonesia.

SUMBER: LPPOM MUI

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment