Thursday, September 20, 2012

Masak Burger Bisa Sambil Naik Motor


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Mungkin Anda sudah pernah mendengar makanan yang dimasak di dasbor mobil atau di atas batu. Namun, bagaimana dengan daging burger yang bisa dimasak dengan saluran panas knalpot? Alat ini bisa mengatasi kerepotan mematangkan burger.

Alat ini bernama Exhaust Burger yang diciptakan sekelompok penemu dari Iran. Memanggang terkadang menjadi pekerjaan yang sulit dan melelahkan. Sekelompok penemu asal Iran melihat bagaimana proses memasak, berkendara, dan banyaknya panas yang terbuang dari sisa pembakaran mesin. Ketiga elemen itu dipadukan oleh mereka dan muncullah sebuah ide bernama Exhaust Burger.

Exhaust Burger merupakan alat berbentuk bundar seukuran daging burger. Disambungkan ke knalpot dan dengan panas dari saluran pembuangan, daging burger di atasnya dimatangkan sambil kendaraan dijalankan.

Alat ini terdiri dari bulatan dari baja tahan karat. Di sisi kiri dan kanannya ada cerobong yang mengalirkan panas knalpot. Setengah bulatan di bawah merupakan tempat untuk menaruh daging yang dilengkapi tutup. Jadi, asap knalpot dan daging tidak tercampur. Gas monoksida tidak akan masuk ke dalam daging. Konsepnya hampir seperti foreman grill, alat untuk memanggang berbentuk persegi.

Tentu saja, tidak seperti foreman, alat ini tidak menyediakan tempat untuk mengalirkan minyak dari daging dan agak sulit untuk mengecek kematangan daging. Exhaust Burger ini hanya bisa memasak satu daging burger satu persatu. Karena unik dan fungsional pemanggang burger ini ikut dalam salah satu kompetisi desain, Designbooms Competition.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment