Wednesday, September 26, 2012

Ini Dia Saimin, Mie Kuah Yang Sedap Dari Hawaii


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Mie menjadi hidangan universal yang banyak ragamnya di dunia. Begitu juga dengan Hawaii yang punya satu jenis mie yang tersohor enaknya. Namanya saimin, yaitu mie lentur lembut berukuran tipis, yang disiram dengan kuah kaldu bening gurih. Slurrrrp, sedap!

Saimin adalah makanan Hawaii yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu, sekitar tahun 1960-an. Dijajakan mulai dari level pinggir jalan maupun restoran mewah. Jangan heran jika toko camilan, kedai kopi, bahkan McDonald's setempat juga menjual mie ini.

Mie berkuah ini termasuk comfort food di Hawaii, dan bisa dinikmati sepanjang hari untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Saimin diambil dari bahasa China, yang artinya mie tipis. Sangat mirip ramen, namun dengan ukuran mie yang lebih tipis dan berwarna putih.

Biasanya saimin disajikan dalam porsi besar dan mengenyangkan. Semangkuk saimin terdiri dari mie khusus saimin yang sudah direbus, kemudian dituang kuah cokelat bening yang gurih, irisan daun bawang, dan kamaboko atau fish cake.

Agar lebih meriah, biasanya saimin disajikan dengan aneka topping tambahan. Misalnya seperti irisan daging sapi, irisan wortel, kacang polong, irisan telur ataupun udang rebus. Kuahnya dibuat dari kaldu ayam yang diberi tambahan jahe.

Meski rasanya tak jauh berbeda dengan ramen ataupun mie kuah lain, namun saimin ini tetap terasa istimewa, apalagi jika dinikmati sambil menikmati indahnya pemandangan laut di Hawaii.

(fit/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment