Wednesday, September 26, 2012

Mana Martabak Telur Paling Tebal dan Gurih?


Rekomendasi Redaksi

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Makan martabak telur memang paling asyik di malam hari. Jajanan yang berupa adonan daging dan telur yang dibungkus adonan tepung yang dipipihkan. Bagian luarnya kriuk renyah dengan isian empuk gurih. Dicocol saus cabai dan dikunyah dengan acar timun. Aih, sedapnya!

Martabak atau murtabak, pertama kali ditemukan di Arab Saudi. Kemudian tersebar ke beberapa negara termasuk Indonesia. Konon martabak yang ada sekarang merupakan adaptasi dari kuliner India. Potongan segi empat martabak telor selalu saja menggoda.

Isian martabak telor sangat khas dan mudah dijumpai, ada irisan daun bawang, telur dan daging sapi. Bawang bombay, bawang putih, merica dan ladapun ditambahkan untuk bumbunya. Untuk telurnya biasa dipakai telur bebek agar rasanya gurih atau telur ayam.

Sedangkan kulit martabak yang dibuat dari tepung terigu, minyak dan air harus didiamkan beberapa jam agar lentur dan mudah dibentuk. Adonan akan diputar dari sisi kiri ke kanan sambil ditekan berulang dan memutar hingga adonan benar-benar tipis dan lebar. Adonan kulit ini ditaruh di atas wajan pipih yang diberi minyak dan disi dengan adonan dagingnya, dilipat lalu digoreng hingga matang.

Pelengkap wajibnya berupa acar timun, saus cuka yang berwarna kecokelatan dengan rasa asam agak manis dan saus cabai yang encer.

Meskipun sudah lama dikenal, kepopulerannya tak pernah merosot. Banyaknya kedai martabak yang ada di Jakarta, yang punya keunggulan masing-masing. DetikFood telah mencicipi martabak telur dari 3 kedai martabak yang tersohor. Martabak San Francisco, Martabak Alim dan Holland Martabak Terang Bulan.

Yang pertama kami cicipi adalah Martabak San Francisco. Menu martabak asin sapi biasa yang dipilih berisi tiga butir telur ayam dan 130 gr daging sapi cincang. Martabalnya tebal dan isiannya daging yang padat. Rasa daging cincangnya sangat kuat sementara daun bawangnya tak terlalu dominan.

Karena digoreng garing, permukaan adonan yang kecokelatan begitu renyah saat digigit. Saus martabak ini berwarna oranye dan agak encer. Terasa sedikit asam dan pedas, cocok juga jika ditambahkan beberapa potong acar timun yang asam segar. Seporsi kelezatan martabak telur ini harganya sesuai isinya, Rp. 50.000 untuk 12 potong.

Kalau martabak telur buatan Martabak Alim juga tak kalah enaknya. Martabak telur daging sapi ini juga menggunakan 3 butir telur ayam. Namun potongan martabaknya terbilang mungil dan tipis. Permukaannya kecoklatan dan teksturnya empuk dan sedikit basah. Rasa gurih dan segarnya daun bawang terasa jelas setelah dicicipi.

Saus martabaknya kecokelatan. Rasa asamnya tidak terlalu tajam dan sedikit manis. Acar timunpun jadi tambahan pelengkapnya. Perporsi martabak ini harganya Rp. 21.000 dan berisi 12 potong martabak.

Lain lagi dengan martabak telur buatan Holland Martabak Terang Bulan. Martabak telur daging sapi di sini, hanya menggunakan 2 butir telur ayam. Potongan martabaknya lebar-lebar dan tidak terlalu tebal. Selain terasa gurih, daging pada martabak juga terasa agak manis. Kulitnya garing dan berwarna kecoklatan.

Per porsinya dijual seharga Rp. 42.000,00. Sausnya berwarna oranye dan kental. Mirip dengan saus tomat, agak manis dan sedikit asam. Cocok untuk Anda yang tak suka pedas dan asamnya cuka.

Mana martabak telur yang paling enak? Martabak telur buatan Martabak San Francisco jadi jagoannya. Meskipun mahal, harganya setimpal dengan isinya yang penuh daging cincang. Selain itu ketebalan martabak juga tak tertandingi. Harga tak pernah bohong adalah ungkapan yang pas untuk martabak ini.

Kalau Anda suka manis bisa coba martabak buatan Holland Martabak Terang Bulan. Potongannya agak lebar namun tidak terlalu tebal. Jika tidak suka dengan porsi royal, Martabak Alim bisa jadi pilihan. Ukurannya yang mungil cocok disajikan camilan di malam hari.

Tentunya Anda punya selera sendiri. Ingin yang tebal, tipis, basah atau sedikit manis. Namun bagi Anda yang igin mencicipi ke tiga martabak ini bisa kunjungi langsung gerainya.

Martabak San Francisco

Jl. Raya Serpong No. 37

Jl. Burangrang No. 42

Martabal Alim

Jl. Cipinang Jaya No.456

Jl. H.Agus Salim (Depan SPBU)

Holland Martabak Terang Bulan

Jl. Boulevard Raya QJ I/20

Kelapa Gading, Jakarta

Perumahan Taman Ratu Indah, JakBar

Telp. 021-45330234, 021-83285691

Jam Buka : 11.00 s/d 24.00

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment