Monday, September 24, 2012

Resto Fine Dining Membuat Orang Makan Lebih Sedikit


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Rupanya, salah satu hal yang mempengaruhi pola makan adalah suasana restoran. Suasana restoran yang tenang, rapi, dan ditata cantik membuat orang makan lebih sedikit. Dibandingkan dengan restoran yang bising dengan interior standar. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Kesimpulan menarik itu dipublikasikan dalam jurnal Psychological Reports dan dimuat nytimes.com. Temuan tersebut didapat setelah para peneliti mendekorasi sebuah restoran. Tampilannya dirubah total, seperti cahayanya dibuat lebih temaram, diiringi dengan lagu berirama lembut, diberi taplak meja putih, juga diberi lilin di atas meja.

Ruangannya juga dibuat kedap suara, dan terlindungi dari suara-suara bising dan cahaya yang terlalu terang. Restoran tersebutpun memiliki 2 jenis ruangan yang berbeda. Setengah bagian masih berdekorasi standar, dan sisanya sudah ditata cantik.

Saat pengunjung tiba, mereka diminta untuk memilih mau makan di bagian yang mana. Para penelitipun mencatat waktu yang dihabiskan untuk menghabiskan makanan, dan juga berapa banyak makanan yang tersisa di atas piring. Meskipun ruangannya berbeda, namun jenis sajiannya sama persis di kedua ruangan.

Hasilnya cukup mengejutkan. Mereka yang makan di tempat dengan dekorasi indah, sunyi dan temaram menghabiskan makanan lebih lama 4.7 persen dan hanya menghabiskan menu sekitar 86%. Sebaliknya, mereka yang makan di tempat berdekorasi standar makan lebih cepat dan hampir menghabiskan seluruh menu yang disajikan.

Total kalori yang masukpun berbeda. Mereka yang makan di tempat bersuasana mewah mengonsumsi sekitar 775.3 kalori, dan pengunjung yang makan di tempat biasa makan sekitar 949.2 kalori.

Atmosfir yang baik membuat orang lebih banyak berbicara, dan mereka tidak lagi fokus pada makanan. Mereka juga bisa merasa lebih puas, kata Koert van Ittersum, salah satu peneliti dari Georgia Institute of Technology.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment