Sunday, September 30, 2012

Kemendag Akan Turut Aktif Sosialisasikan Produk Halal ke Luar Negeri


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Sosialisasi halal sangat penting dilakukan, seiring dengan meningkatnya perhatian masyarakat dunia akan pentingnya produk halal. Hal itu juga yang harus dilakukan oleh LPPOM MUI. Inilah yang disampaikan oleh Wakil Menperdag RI Dr. Ir. Bayu Krisnamurthi, M.Si.

Menurut Bayu, penekanannya pada pentingnya label halal yang tidak hanya sebagai atribut kehalalan belaka, melainkan telah menjadi atribut kualitas produk.

Hal tersebut diungkapkan dalam pertemuannya dengan Direktur LPPOM MUI, Ir. Lukmanul Hakim, M.Si, di kantor Kementrian Perdagangan, Jumat (28/09/2012). Pertemuan tersebut dilakukan dengan maksud untuk meningkatkan kerja sama program antara LPPOM MUI dengan Kementrian Perdagangan.

Menurut Bayu, Kementrian Perdagangan akan memfokuskan perhatian terhadap ekspor impor produk, dan juga menjadikan sertifikasi halal sebagai keunggulan daya saing. Rencananya, Kementrian Perdagangan akan melakukan roadshow untuk memperluas pasar ekspor ke Qatar, Yordan, dan Arab Saudi pada November 2012.

Indonesia sudah dipercaya memegang jabatan sebagai presiden World Halal Food Council (WHFC), sehingga kita harus mengambil langkah inisiatif yang lebih sistematis untuk menjalin kerjasama dengan negara-negara lain, ujar Bayu.

Rencana Kementrian Perdagangan dalam membantu sosialisasi sertifikasi halal tentunya disambut baik oleh pihak LPPOM MUI. Menurut Lukmanul Hakim, di beberapa negara, sertifikasi halal memang masih dipandang sebagai hal yang baru, sehingga pemahaman mereka harus lebih ditingkatkan.

SUMBER: LPPOM MUI

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment