Sunday, September 30, 2012

Wall-Ye, V.I.N Robot Pekerja di Perkebunan Anggur


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Perkebunan anggur Prancis sebentar lagi akan mempunyai sebuah pekerja berupa robot bernama Wall-Ye. Robot yang dikendalikan dengan remote control ini bisa melakukan beberapa pekerjaan sekaligus saat ia ditaruh di lapangan.

Seperti dilansir dalam the daily meal (28/9/2012) robot tersebut dikembangkan di Burgundy, Prancis. Robot ini mempunyai sistem GPS, enam tangan, dan empat roda untuk berkeliling perkebunan anggur. Satu robot Wall-Ye akan dihargai Rp 306.560.000,00.

Pembuat Wall-Ye, Christopher Millot menyatakan ia mulai mengerjakan robot saat seorang penjual anggur Prancis datang padanya dengan suatu masalah. Ia membutuhkan seseorang yang bisa menipiskan daun anggurnya, tetapi perkebunannya kekurangan tenaga kerja.

Pekerjaan utama robot ini adalah pemangkasan tanaman merambat dan menghilangkan tunas muda yang tidak produktif. Selama robot itu ditugaskan ke lapangan, robot tersebut juga bisa mencatat kondisi cuaca, kondisi tanah, dan kesehatan pohon anggur.

Saat ini, Millot mendapatkan permintaan untuk demonstrasi penjualan ke seluruh kota wine di Prancis. Sang robot akan memperlihatkan debut pertamanya di salah satu perkebunan anggur paling dikenal di Prancis Bordeaux's Chteau Mouton-Rothschild.

Sementara beberapa pembuat anggur gembira karena robot ini akan mengambil alih pekerjaan kotor proses pembuatan anggur, yang lainnya sedikit tersinggung dengan inovasi ini. Terutama saat jumlah pengangguran di Prancis mencapai 3 juta jiwa.

Beberapa orang menyatakan dengan menggunakan akan melukai sejarah perkebunan anggur Prancis, dan tidak bisa mengatasi tantangan dari pemangkasan dan pematangan anggur.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment