Wednesday, September 26, 2012

Hadapi Berbagai Tantangan, LPPOM MUI Harus Memperkuat Diri


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - LPPOM MUI sudah puluhan tahun dikenal sebagai lembaga halal terpercaya. Kini telah dilengkapi oleh infrastruktur dan sistem yang relatif lengkap. Namun, LPPOM MUI beserta jajarannya di daerah tidak boleh merasa puas karena tantangan akan semakin besar.

Hal inilah yang ditekankan oleh Ketua MUI bidang Ekonomi dan Sertifikasi Halal, H. Amidhan Saberah dalam sambutan pembukaan Rakornas LPPOM MUI di Jakarta, 26 September 2012. Menurut Amidhan, secara kelembagaan, keberadaan MUI telah didukung oleh adanya UU Pangan dan UU Perlindungan Konsumen, dan MUI sebagai lembaga sertifikasi halal jelas disebutkan.

Secara kinerja, LPPOM MUI yang kini menjadi ketua World Halal Food Council (WHFC), juga telah diakui oleh sejumlah lembaga sertifikasi halal luar negeri dan standar yang dibuat telah diadopsi dan diterapkan di sejumlah negara. Namun kita jangan cepat puas, karena tantangan ke depan semakin besar, kata Amidhan Saberah.

Tantangan tersebut meliputi semakin meningkatnya tuntutan masyarakat akan produk halal serta persaingan pasar global di mana produk halal menjadi salah satu daya saing. Karenanya, LPPOM MUI harus senantiasa melakukan upaya penguatan di berbagai bidang.

SUMBER: LPPOM MUI

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment