Friday, September 21, 2012

Supermarket Diprotes Karena Jual Pisang Kupas


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Sebuah pusat perbelanjaan asal Jerman mendapat protes dari berbagai pihak. Alasannya karena mereka menjual buah pisang yang dikupas dari kulitnya. Ironisnya, mereka mengemas pisang tersebut dalam kemasan plastik yang butuh waktu lama untuk bisa terurai.

Billa supermarket menuai kecaman karena mengiklankan buah pisang kupas di halaman facebooknya. Padahal, supermarket ini memiliki slogan untuk menggunakan 'akal sehat' dalam berbelanja.

Menurut juru bicara Greenpeace di Austria, seperti dikutip dari Huffingtonpost, ini merupakan hal gila, karena mengupas pisang dan memasukkannya ke dalam kemasan plastik. Ini dianggap merupakan sesuatu yang sia-sia dilakukan.

Pisang merupakan buah berkulit yang harus dikupas terlebih dulu sebelum dikonsumsi. Mungkin ide awalnya adalah agar pisang bisa langsung dikonsumsi dengan mengemasnya dalam plastik. Namun artinya, pembeli harus sama-sama membuka kemasan. Lalu apa bedanya jika pisang tak dikupas?

Kulit pisang merupakan pelindung alami buahnya. Berbeda dengan kemasan plastik untuk pisang yang memungkinkan adanya kontaminasi. Selain itu, kemasan plastik juga tak ramah lingkungan.

Biasanya, buah yang dijual dengan cara dikupas adalah durian dan semangka. Hal ini beralasan karena buah-buahan tersebut berukuran besar dengan kulit yang tebal. Namun berbeda dengan buah pisang yang ukurannya pas untuk sekali makan.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment