Friday, September 28, 2012

Sertifikasi Halal Online MUI Juga Diminati Perusahaan Luar Negeri


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Meski baru 5 bulan diperkenalkan, namun Cerol SS-23000 sudah diminati perusahaan dalam maupun luar negeri. Walau diakui angkanya belum terlalu tinggi, namun hal tersebut menunjukkan adanya respon positif dari perusahaan.

Hingga saat ini, ada 548 perusahaan yang sudah melakukan set-up Cerol SS-23000. Hingga kini, total perusahaan yang sudah masuk ke Komisi Fatwa dengan memanfaatkan layanan sertifikasi online ini berjumlah 55 perusahaan.

Dari jumlah perusahaan yang melakukan registrasi via Cerol SS-23000, 87 persen diantaranya adalah perusahaan dalam negeri, selebihnya berasal dari perusahaan-perusahaan luar negeri seperti dari Cina, Belanda, Australia, Amerika Serikat dan negara-negara lainnya.

Fakta ini cukup menggembirakan, Cerol ternyata juga diminati oleh perusahaan luar negeri, kata Ir. Lukmanul Hakim, M.Si, selaku direktur LPPOM MUI.

Ditambahkan, perkembangan halal di seluruh dunia sangat luar biasa pesat. di Eropa, konsumsi halal mencapai 66 miliar dollar dan bisnis ini dikuasai oleh perusahaan-perusahaan luar negeri. Sementara itu Indonesia dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, belum bisa memainkan peran strategisnya di kancah perdagangan dunia, khususnya di bidang halal.

(dyh/odi)

No comments:

Post a Comment