Thursday, September 27, 2012

Michelin-Starred Chef Richard Toix Hadir di Lyon


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Untuk kesekian kalinya penggemar kuliner Prancis dimanjakan seleranya dengan kehadiran chef berkaliber Michelin-Starred. Chef Richard Toix secara eksklusif selama 3 hari akan menampilkan racikan hidangan Prancis dengan sentuhan modern yang penuh kejutan.

Mulai hari ini hingga Sabtu (29/9) pencinta kuliner Prancis di Jakarta bisa menikmati kehebatan rasa hidangan yang diracik langsung oleh Richard Toix. Sang chef akan meracik set menu makan siang dan malam di Lyon Rastaurant, hotel Mandarin Orinetal Jakarta. Ia adalah chef sekaligus pemilik restoran Passions et Gourmandises. Sebuah resto di kota St. Benedict yang dikelilingi pemandangan alam yang elok.

Resto yang dibuka bulan Mei 2007 ini dikelolanya bersama sang istri, Laure. Berkat kerja kerasnya untuk menampilkan yang terbaik dan tersegar dari semua hidangan yang diraciknya, tahun 2008 restorannya telah dianugerahi Michelin Star. Sebuah penghargaan kualitas tertinggi di bidang kuliner dan restoran.

Konsistensinya menjaga kualitas rasa makanan yang dibuat membuat Richard mendapatkan beragam penghargaan. Seperti Large Table Award dari Alain Ducasse; Chateaux and Hotels Collection, pengharagaan Michelin Bib Gourmand. Prestasinya yang lain adalah saat berkolaborasi dengan artis kontemporee China, Zhou Tiehai membuat 12 jenis dessert yang mengagumkan.

'Menu di restoran saya selalu berubah setiap bulan, bahkan bisa setiap saat. Karena saya selalu memasak dengan bahan paling segar yang ada di tiap musim. Tak ada bahan tambahan lain selain yang alami,' demikian tutur pria kelahiran Perpignan 48 tahun lalu saat ditemui detikfood di Lyon.

Teknik mengolah makanan yang tinggi tampak pada sajian pembuka kreasi sang chef, Chrunchy truffle and potatoes cylinder. Kentang yang diiris tipis, dibentuk ring disajikan cantik dengan irisan kentang dan jamur truffle dan ditutup foam broth atau buih kaldu yang gurih. Truffle vinaigrette yang asam segar memberi sentuhan rasa unik pada sajian pembuka yang gurih ringan ini.

Kontras rasa, warna dan tekstur dipermainkan dengan sangat baik oleh sang chef pada hidangan Chaud frois of baby and young vegetables. Daging paha kodok dibalut adonan tepung panir dan peterseli berwarna hijau cantik. Disajikan dengan home made ricotta cheese dengan topping baby beet, baby carrot, baby zucchini dan baby turnip plus saus madu.

Sajian yang cantik ini tak hanya cantik dalam kontras warna tetapi juga tekstur, rasa dan aroma yang dimainkan secara sempurna oleh Chef Richard Toix. Ini pula yang ditemui pada sajian utama,Sauteed pigeon yang diberi topping grilled foie gras dengan limpahan board bean, buncis, wortel, radish dan sawi yang diblansir.

Dalam menata dessert bukan hanya cantik tetapi sang chef tetap bermain pada bahan segar dengan kontras tekstur yang lezat di lidah. Lemon tart and meringue disajikan dalam porsi kecil. Teridiri dari sable biscuit yang renyah manis, diberi topping lemon butter yang lembut wangi dan diakhiri dengan lemon and basil shorbet yang asam menyegarkan. Dua potong meringue dengan serpihan kulit jeruk lemon menyempurnakan pencuci mulut ini.

Jika Anda ingin memanjakan lidah, menu racikan chef Richard Toix tersedia dalam two-course set menu seharga Rp. 638.000++, three-course set menu seharga Rp. 788.000++ , atau degustation menu seharga Rp. 1.588.000++, untuk santap siang maupun santap malam.

Jika ingin yang lebih eksklusif Anda bisa bergabung dalam Chefs Table, dengan jumlah minimum 4 orang dan maksimum 6 orang seharga Rp. 2.588.000++, atau ikuti demo memasak seharga Rp. 988.000++. Untuk informasi lebih lanjut bisa mengubungi nomor 021- 2993-8888

(odi/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment