Wednesday, September 26, 2012

Label Nutrisi dan Piring Makan Bisa Cegah Obesitas


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Memilih makanan beserta porsinya bisa Anda tentukan sendiri. Khususnya pada makanan kemasan yang disertai label makanan. Info nutrisi pada label makanan dan piring atau wadah makan ternyata berperan penting dalam mengurangi porsi makan.

Seperti yang dilansir dari HuffingtonPost (25/9/2012), lebih dari dua pertiga orang Amerika mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Hal ini bukan lagi menjadi masalah individu, namun juga menjadi masalah nasional. Karena berhubungan dengan masalah ekonomi dan kesehatan. Kelebihan berat badan bisa mengakibatkan diabetes, penyakit jantung dan stroke.

Para peneliti sedang mencari cara untuk membantu orang-orang dalam menentukan makanannya sehari-hari. Beberapa renponden yang terlibat, dikumpulkan dalam Obesity Society's Annual Scientific Meeting, pada tanggal 22 September ini. Perubahan sederhana ini mulanya dilakukan untuk membaca label makanan, guna menentukan porsi makanan dan jenisnya.

Setiap makanan tidak menjamin bergizi dan menyehatkan. Seperti sereal kemasan yang manis, meskipun mengandung zat besi dan vitamin, namun jumlah nutrisi lainnya juga perlu ditanyakan. Jacob Seidell dari University of Amsterdam menjelaskan, sistem pelabelan sangat tergantung pada analisa tiap jenis makanan, untuk menentukan apakah pilihan makanan yang sehat atau tidak.

Ellen Wartella dari Northwesters University juga menyatakan, jenis label adalah hal penting yang diperlukan konsumen untuk membantu menentukan makanan sehat. Meskipun begitu hingga saat ini masih banyak yang kebingungan untuk membaca label nutrisi.

Tidak hanya label nutrisi, piring makan juga mempengaruhi ukuran dan porsi makan. Hal ini juga disampaikan langsung oleh Arianna McClain, dari Stanford University. Piring merupakan cara terbaik untuk melakukan trik saat makan. Piring yang memiliki bingkai akan terlihat lebih besar dari isiannya. ujarnya.

Hanya dengan menggunakan piring lebar dan datar, secara otomatis Anda akan kehilangan sekitar 200 kalori. Hal ini bisa terjadi karena makanan akan terlihat lebih banyak ketika ditaruh pada piring besar. Tanpa sadar orang sudah mengurangi porsi makan.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment