Saturday, September 22, 2012

Michelin Guide, Buku Merah Panduan Resto Terbaik Dunia


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Restoran berpredikat Michelin Starred dipercaya memiliki kualitas tinggi. Dimuatnya nama restoran dalam Michelin Guide dipastikan bisa mendongkrak reputasi restoran tersebut. Sebenarnya, apa yang membuat gelar Michelin Stars jadi begitu bergengsi?

Michelin Guide merupakan buku tahunan yang memuat restoran-restoran terbaik dari berbagai wilayah di dunia. Berisi daftar restoran terbaik dengan predikat bintang 1, bintang 2, dan bintang 3. Penilaian ini didasarkan oleh tampilan menu di atas piring, rasa dan karakteristik makanan, juga value dari harga dan konsistensi menu.

Michelin Guide pertama kali dipublikasikan di tahun 1933 oleh kakak beradik Andre Michelin dan Edouard Michelin. Mulanya, buku yang identik dengan warna merah ini hanya memuat restoran terbaik di Prancis. Kini, predikat bergengsi ini sudah dimiliki restoran di 23 negara dan kota besar, antara lain Paris, New York, Tokyo, Hong Kong, juga Italia dan Jerman.

Dikutip dari situs www.michelintravel.com, Gelar 1 bintang menunjukkan jika restoran tersebut menyajikan makanan dengan sangat baik dan memiliki konsistensi tinggi, dan dinobatkan sebagai tempat yang layak untuk dikunjungi. 2 bintang akan diberikan pada restoran dengan menu lezat dan istimewa, dengan proses penyajian yang cermat dan berkualitas tinggi.

3 bintang diberikan pada restoran yang masuk dalam kategori sempurna. Menunya luar biasa lezat, dengan tahap pengolahan yang sangat teliti dan komposisi makanan yang sangat istimewa. Restoran dengan bintang tertinggi ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di momen yang spesial.

Untuk mendapatkan predikat ini, proses dan kriterianya sangat ketat. Penilaiannya diukur dari keunikan makanan, konsistensi rasa, dan juga kualitas makanan tersebut. Penguji makanan akan datang ke restoran tujuan tanpa menyebutkan identitas sehingga tidak diketahui oleh pemilik restoran atau pengunjung. Tak cuma sekali, namun sang penguji akan datang beberapa kali untuk menguji konsistensi menu, sebelum akhirnya memberikan penilaian.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment