Thursday, September 27, 2012

Makanan Kaya Antioksidan Turunkan Risiko Penyakit Jantung


Deani Sekar Hapsari - detikFood Jakarta - Bagi para wanita, mulailah mengonsumsi buah-buahan seperti anggur, apel dan jeruk. Karena, menurut penelitian terbaru konsumsi sayur dan buah yang kaya anti oksidan dapat membantu mengurangi risiko sakit jantung pada wanita.

Seperti dilansir Huffingtonpost (27/9/2012) peneliti dari Institut Karolisnka menemukan bahwa wanita yang mengonsumsi hampir 7 porsi buah-buah dan sayuran kaya akan antioksidan setiap harinya, mengalami penurunan 20% dari risiko sakit jantung. Penelitian ini berlaku untuk jangka waktu 10 tahun.

Pada studi sebelumnya belum menunjukkan keuntungan besar akan konsumsi suplemen antioksidan pada risiko serangan jantung. Para peneliti memperhatikan bahwa efek positif dari obeservasi pada penelitian ini. Kemungkinan karena perempuan-perempuan ini benar-benar mengonsumsi buah dan sayuran secara rutin.

Berbeda dengan suplemen antioksidan tunggal, secara menyeluruh diet antioksidan mencerminkan semua antioksidan tersedia, termasuk ribuan senyawa. Semuanya sesuai dosis dan ada pada pola makan sehari-hari, dan bahkan memperhitungkan efek sinergis mereka, kata Cr. Alicja Wolk, DrMedSci.

Studi ini dipublikasikan di American Journal of Medicine. Studi berdasarkan konsumsi makanan dan data kesehatan dari 325.561 perempuan dari Swedia antara umur 49 dan 83 tahun. Data tersebut dikumpulkan dari tahun 1997 sampai 2007.

Pada akhir periode studi tersebut, 1.114 wanita telah mengalami serangan jantung. Perempuan yang paling sedikit mengonsumsi sayuran, hanya mengonsumsi 2.4 porsi per hari dan yang paling banyak mengonsumsi 3 kali lipat dari jumlah tersebut.

(flo/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment