Tuesday, August 21, 2012

Cokelat dan Strawberry Bisa Redam Depresi


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Sedang uring-uringan tanpa alasan jelas? Mungkin perasaan yang sedang tak menentu membuat Anda bersikap demikian. Makan saja strawberry dan cokelat. Karena kedua makanan enak ini ternyata mengandung senyawa yang bisa meredam depresi.

Sekelompok ilmuwan menemukan kandungan senyawa pada strawberry dan cokelat ternyata sama dengan senyawa kimia yang terdapat pada obat anti depresi. Obat anti depresi diberikan pada pasien penderita gejala depresi yang banyak terdapat di kota besar.

Mereka meneliti komposisi buah blueberry, rapsberry, strawberry, teh dan cokelat. Peneliti dari Torrey Pines Institute untuk Studi Molekuler di Florida menemukan bahwa kandungan kimiawi makanan tersebut memiliki struktur yang sama dengan asam valproic yang banyak dipakai dalam resep obat anti depresi dengan nama Depakene, Depakote dan Stavzor.

Temuan ini dipresentasikan pada National Meeting & Exposition of the American Chemical Society yang ke 244 di Philadelphia akhir minggu ini. 'Namun harus diingat dengan makan makanan tersebut tidak bisa menggantikan obat-obatan anti depresi,' jelas Karina Martinez-Mayoga, ketua peneliti.

Buat mereka yang tidak perlu minum obat antidepresi, gaya hidup yang sehat umumnya bisa memperbaiki mood yang jelek. Sementara pada sebuah studi tahun 2009 yang dipublikasikan di Archives of Internal Medicine menemukan bahwa mereka yang diet rendah kalori, rendah lemak bisa memiliki mood lebih baik dalam jangka waktu lama.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment