Tuesday, August 21, 2012

Legit Manis Pudak, Oleh-Oleh Dari Gresik


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Bagi warga Gresik, Jawa Timur, kue pudak sudah menjadi kudapan favorit sehari-hari. Rasanya legit manis dan enak. Permukaannya dibalut dengan pelepah daun pinang. Paling pas disantap sebagai teman ngopi atau ngeteh. Pantas jadi oleh-oleh jika sedang mengunjungi Gresik!

Pudak biasanya dijual dengan cara diikat berkelompok, lalu digantung pada paku-paku yang ada di toko. Satu kelompok pudak umumnya terdiri dari 10 kue dan dihargai sekitar Rp 15.000 hingga Rp 25.000. Biasanya pembeli bisa mengenali kue ini dari pudak yang tergantung di bagian depan toko.

Ada beberapa jenis pudak yang dibuat, di antaranya pudak putih yang dibuat dari gula pasir, pudak merah dari gula jawa, dan juga pudak sagu. Ada juga pudak hijau yang dibuat dengan menggunakan tambahan pewarna dari daun pandan yang membuatnya legit wangi.

Yang unik dari pudak adalah kemasannya yang dibuat dari pelepah daun pinang atau disebut ope. Daun tersebut harus dipisahkan terlebih dulu bagian kulit luar dan dalamnya. Yang digunakan adalah kulit bagian dalam yang dibersihkan dan dipotong-potong. Setelah itu dilipat dan dijahit.

Pudak dibuat dari bahan tepung beras, santan, gula, vanili dan daun pandan yang dicampur bersama. Kemudian adonan dituang pada pelepah daun dan dikukus bersama hingga benar-benar matang.

(fit/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

1 comment: