Sunday, August 19, 2012

Magic Tray, Baki Pencegah Makanan Tumpah


Odilia Winneke - detikFood Jakarta - Dengan baki ini tak perlu khawatir mangkuk dan piring bergeser atau makanan tumpah berantakan. Bahkan jika dalam kondisi miring 45 derajat pun makanan tetap aman. Baki kreasi terbaru ini bakal diproduksi bulan depan.

Pelayan restoran seringkali menjatuhkan mangkuk atau piring dari baki yang dibawa karena terlalu berat atau bergerak terlalu cepat. Inilah yang meninspirasi Ryan Jongwoo Choi, seroang designer keturunan Korea yang tinggal di London untuk menciptakan Magic Tray. Kini Ryan masih belajar di BA Product Design di Central Saint Martins College of Art and Design London.

Baki ini akan membuat piring atau mangkuk di atasnya tetap di tempat, tidak bergerak kekiri atau ke kanan meskipun dibawa berjalan oleh pelayan. Baki ini berukuran panjang 50 cm dan lebar 25 cm dan terbuat dari plywood dan bisa membawa 2 mangkuk atau piring dan 2 gelas.

Ryan, 25 tahun yang berasal dari Korea Selatan ini merasa terusik melihat pelayan restoran selalu kesulitan membawa piring dan mangkuk dalam baki. 'Makanan dan minuman jatuh atau tumpah saat dibawa di baki karena posisi beratnya sulit dikontrol saat dibawa bergerak. Karenanya saya melakukan riset pada restoran dan pelayan dan berusaha menciptakan sesuatu yang bisa menolong mereka,' demikian ujarnya pada dailymail.

Magic Tray dibuat dengan lapisan magnet di antara lapisan kayu. Piring dan mangkuknya dirancang khusus dengan lingkaran magnet di bawahnya. Saat diletakkan di atas baki, piring dan mangkuk akan tetap di posisi karena daya magnetik dan tidak bisa bergeser. Ketika baki ditaruh pegangannya akan membuat lapisan magnet menjauh sehingga piring dan mangkuk mudah diangkat.

Menurun rencana bulan September produksi baki ini akan dimulai dengan pembeli serius dari Amerika, Inggris dan Korea. Harga baki diperkirakan sekitar Rp. 750.000 dengan harga cangkir Rp. 90.000 dan piring Rp. 15.000 per buah. Menurut rencana akan dibuat ukuran lebih kecil sehingga bisa dipakai untuk rumahtangga.

(odi/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment