Friday, August 17, 2012

Renyah Manis Kahk, Kudapan Lebaran Khas Mesir


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Setiap wilayah memiliki sajian istimewa tersendiri saat Idul Fitri, termasuk Mesir. Rasanya ada yang kurang jika merayakan Lebaran tanpa kue yang satu ini di Mesir. Namanya Kahk, yaitu kue berbentuk lingkaran yang manis renyah dan memiliki isian lezat di tengahnya.

Kahk begitu melekat dalam tradisi Idul Fitri warga Mesir. Di Hari terakhir bulan Ramadan, Biasanya seluruh anggota keluarga turun tangan untuk membuat Kahk. Ada yang membuat adonan, ada yang memotong adonan, membentuk adonannya, dan ada juga yang mengisi bagian tengahnya dengan kurma.

Kahk sudah dibuat sejak zaman dinasti Toulunid yang membuat paket-paket kecil Kahk yang disebut dengan kul wishkur (makanlah dan ucapkan terima kasih). Kahk kemudian menjadi sajian penting di hari raya Idul Fitri dan selalu tersaji di hari istimewa tersebut.

Kahk dibuat dari bahan-bahan seperti margarin cair yang dicampur bersama ragi dan susu. Tambahkan terigu, garam, biji wijen, cengkeh dan juga bubuk kayu manis. Kemudian dituang susu segar dan kembali diaduk rata dan menjadi adonan yang siap dibentuk.

Kemudian adonan tersebut diambil sedikit dan dibentuk membulat. Di bagian tengahnya diisi dengan kurma ataupun walnut, dan ditutup hingga isian tersembunyi di dalam. Adonan tersebut kemudian dibuat dekorasi dan tekstur tambahan dengan menggunakan pisau atau garpu yang digoreskan ke permukaan kahk. Kemudian Kahk siap untuk dipanggang.

Khak yang sudah matang, berwarna keemasan dan hilang hawa panasnya siap untuk diberi taburan gula halus di atasnya. Baru kemudian dikemas di dalam stoples kedap udara agar tetap renyah dan enak.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment