Tuesday, September 11, 2012

Buah Anggur Merah Mampu Cegah Penyakit Jantung


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Buah anggur, rasanya manis segar apalagi jika dikonsumsi saat dingin. Buah yang menarik ini selain mengandung gula dan serat juga punya nutrisi hebat. Salah satu zat gizinya mampu menambah kekebalan tubuh dan mencegah penyakit jantung.

Anggur merah dan juga jenis anggur berwarna gelap lainnya mengandung antioksidan anthocyanin. Anthocyanin membantu tubuh melawan sel-sel kanker, mencegah inflamasi dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Karenanya, tubuh akan lebih kuat menangkal virus penyakit.

Seperti dikutip dari mealsmatter.org, buah yang konon sudah ada sejak 5000 tahun sebelum masehi ini mengandung polyphenol yang mampu menurunkan reisiko penyakit jantung. Polyphenol tersebut mampu mencegah pembekuan darah, melindungi LDL atau kolesterol jahat dari efek buruk radikal bebas. Juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan kinerja pembuluh darah.

Anggur merah mengandung resveratrol yang mampu membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Resveratrol juga termasuk dalam antioksidan yang ampuh memperkuat jenis antioksidan lain yang ada di dalam tubuh. Selain itu anggur merah juga mengandung vitamin C, A, K, karoten, dan juga vitamin B kompleks.

Anggur segar yang baru dibeli sebaiknya langsung disimpan dalam lemari pendingin. Sebelum memakannya, anggur harus dicuci terlebih dulu dengan air mengalir untuk melarutkan kotoran dan sisa pestisida jika ada. Anggur segar bisa dimakan langsung, dijadikan campuran salad, puding atau kue.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment