Tuesday, September 18, 2012

Cegah Kulit Keriput Dengan Makan Zucchini


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Zucchini merupakan jenis sayuran yang bentiknya mirip dengan mentimun. Kulitnya berwarna hijau tua halus dan rasanya renyah manis. Mengandung banyak air dan sedikit biji. Sering digunakan untuk campuran salad atau ditumis.

Tidak banyak yang tahu bahwa zucchini dikenal dengan nama lain yaitu summer squash. Sayuran ini termasuk kedalam keluarga tanaman Curcubitaceae. Masih satu keluarga dengan mentimun dan melon. Banyak digunakan dalam masakan Italia, Prancis, Amerika, Inggris, Spanyol dan Meksiko.

Seperti yang dilansir dari TimesofIndia hari ini, zucchini terbilang sayuran yang unik. Karena bisa dikonsumsi mentah atau segar dan bisa juga dimasak bersama sayuran lainnya. Jika Anda sedang berdiet, sayuran ini bisa ditambahkan pada menu diet.

Sejumlah nutrisi seperti vitamin C, A dan K dan fosfor terkandung di dalamnya. Dipercaya dapat memenuhi kebutuhan vitamin C di tubuh. Selain itu vitamin ini juga dapat mengatasi masalah kulit seperti kudis. Sifat anti oksidan di dalamnya dapat mencegah penuaan seperti keriput kulit.

Kandungan fosfor dan magnesium di dalamnya berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan diketahui membantu wanita dalam mencegah osteoporosis. Makan zucchini yang mengandung vitamin A dan sejumlah lutein juga bisa mengatasi masalah kesehatan mata.

Kecuali itu juga dapat mencegah sembelit. Kandungan seratnya akan melindungi dari risiko kanker usus. Gejala penyakit jantung dan stroke bisa dikurangi dengan mengkonsumsi zuchini secara teratur. Sayuran ini bisa menurunkan kadar homocysteine yang menyebabkan stroke. Zucchini banayk dijual di pasar swalayan besar.

(dyh/odi) Install Aplikasi "Makan di Mana" GRATIS untuk smartphone Anda, di sini.

No comments:

Post a Comment