Sunday, September 16, 2012

Ceko Tarik Minuman Mengandung Methanol Dari Pasaran


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Pemerintah Ceko kini membatasi peredaran minuman beralkohol. Pasalnya, dilaporkan 19 orang tewas akibat minum liquor dengan kandungan 20% alkohol di dalamnya. Kini pemerintah setempat menarik kembali peredaran minuman tersebut dari pasaran.

Seperti dikutip dari Huffingtonpost, puluhan orang dilaporkan harus menjalani perawatan di rumah sakit karena meminum minuman beralkohol yang mengandung methanol. Beberapa di antara mereka keadaannya masih kritis, bahkan 19 orang di antaranya meninggal dunia. Diperkirakan, liquor yang beredar berasal dari pasar gelap.

Menurut Menteri Kesehatan Ceko, Leos Heger, larangan ini mulai berlaku Jumat lalu, dan belum pasti kapan larangan ini akan dicabut. Penjualan minuman beralkohol di sejumlah restoran, hotel, juga penjualan online untuk sementara dihentikan.

Sebelumnya, kios dan toko yang menjual minuman ini sudah dilarang memasarkan liquor dengan kandungan alkohol lebih dari 30%. Namun kadar tersebut dirasa masih terlalu tinggi, dan kini liquor yang beredar hanya diperbolehkan di bawah angka 20%.

Methanol biasanya digunakan untuk kepentingan industri. Namun, methanol digunakan sebagai campuran minuman beralkohol oleh para produsen yang nakal. Setelah dilakukan penyelidikan, didapatkan hasil jika alkohol ilegal yang beredar jumlahnya mencapai ribuan liter. Kini, pihak berwajib tengah memeriksa sekitar 20 orang untuk diminta keterangan.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment