Tuesday, September 4, 2012

Eropa Sambut Baik Sosialisasi Halal LPPOM MUI


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Sosialisasi halal menjadi salah satu fokus kegiatan LPPOM MUI. Tak hanya di dalam negeri, namun sosialisasi tersebut dilakukan secata global. Bahkan sistem dan standar proses sertifikasi halal buatan LPPOM MUI turut diadaptasi oleh beberapa perusahaan dan lembaga luar negeri.

Hal tersebut tentunya membuktikan jika meskipun keberadaannya minoritas, namun sosialisasi dan dakwah halal pada warga Muslim di Eropa semakin menunjukkan hasil yang menggembirakan. Dengan usaha sosialisasi dan dakwah halal yang tekun, kini urgensi pangan yang halal dengan proses sertifikasi halal telah dapat diterima secara luas, kata K. H. Muhyiddin Junaidi, MA.

Dijelaskan lebih lanjut oleh K.H. Muyhiddin, sistem dan standar sertifikasi halal juga turut diadopsi dan diimplementasikan oleh perusahaan-perusahaan di luar negeri dan juga lembaga sertifikasi halal mancanegara. Hal ini menunjukkan jika pesan MUI yang universal secara bertahap diterima oleh masyarakat Internasional.

Kini semakin banyak produsen bahan pangan Eropa yang mengajukan proses sertifikasi halal kepada LPPOM MUI. Tak hanya itu, mereka juga mengimplementasikan sistem produksi produk halal sesuai dengan standar yang dibuat oleh MUI.

Salah satunya adalah DSM Nutritional Products yang berkantor pusat di Kaiseraugst, Switzerland. Dari evaluasi dan pantauan kami langsung ke kantor pusat DSM itu, kami mendapatkan, DSM memang memiliki komitmen yang cukup tinggi dalam mengimplementasikan SJH. Sehingga komitmen ini tentu layak diapresiasi, kata Ir. Lukmanul Hakim M.Si selaku ketua LPPOM MUI.

(flo/odi)

No comments:

Post a Comment