Monday, September 3, 2012

Mentimun Bikin Gigi Sehat dan Rambut Lebat


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Suka makan lalapan? Si hijau ini tak pernah absen tersaji bersama sayuran lainnya. Tak cuma enak dan segar dimakan, mentimun juga memiliki beberapa manfaat di dalamnya. Di antaranya untuk menghasilkan rambut yang kuat lebat dan juga mempertahankan kesehatan gigi dan mulut.

Mentimun merupakan sayuran yang rendah kalori, hanya sekitar 15 kalori per 100 gram. Kandungan di dalamnya antara lain potassium, betacarotene, vitamin C, A, lutein, dan zea-xanthin. Vitamin K juga ditemukan di dalamnya, yang memiliki peran penting untuk kesehatan tulang.

Mentimun rupanya bisa menunjang kesehatan rambut, dan membantu pertumbuhan rambut. Di dalamnya mengandung silicon dan sulphur, yang membantu pertumbuhan helai rambut yang sehat dan kuat. Agar lebih sehat dan maksimal, mentimun bisa diracik menjadi jus bersama wortel ataupun bayam.

Kandungan serat yang dikandung mentimun juga baik dikonsumsi orang yang memiliki masalah pada gigi dan gusi. Salah satunya adalah mengatasi pyorrhea atau radang tulang penopang gigi. Serat yang dikandung di dalam mentimun bisa mempertahankan kesehatan gigi.

Mengonsumsi makanan yang tinggi serat memang membantu produksi air liur. Mineral yang terkandung di dalamnya bisa cegah kerusakan gigi. Menurut American Dental Association (ADA), serat tinggi yang dikandung buah dan sayur juga bantu membersihkan gigi dan membuat mulut tetap segar.

Mentimun yang sudah dicuci bersih rasanya segar dan renyah jika dimakan langsung. Bisa juga dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam racikan salad bersama sayuran lainnya.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment