Thursday, September 6, 2012

Slruup! Asem Manis Caipirinha Penumpas Dahaga


Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood Jakarta - Saat udara panas tenggorokan bisa jadi cepat kering. Saat dahaga melanda hanya sentuhan airlah yang mampu menghapusnya. Disajikan dingin lebih menyegarkan, seperti minuman yang satu ini asamnya jeruk nipis bercampur pas dengan manisnya gula tebu.

Caipirinha merupakan minuman tradisional khas Brazil. Berupa cocktail yang dibuat dari gula tebu, jeruk nipis rum tebu yang merupakan produk turunan olahan tebu. Minuman beralkohol ini dibuat melalui proses penyulingan atau dikenal juga dengan proses Pinga atau Caninha.

Mulanya minuman beralkohol ini berasal dari Madeira, Portugal. Kemudian produk olahan tebu ini dibawa ke Brazil oleh bangsa Portugis, karena saat itu Brazil memiliki lahan yang luas untuk menanam tebu.

Dikota asalanya, cocktail ini banyak tersedia di restoran dan bar. Dinegara lainnya minuman ini juga sangat terkenal bahkan beberapa tahun terakhir, digemari banyak orang. Karena itu, satu merek terkenal begitu populer dan menyediakan banyak Caipirinha. Produk tebu ini juga telah diresmikan sebagai salah satu Cocktail oleh The Bartenders Asosiasi Internasional.

Saat menghidangkan Caipirinha, potongan jeruk nipis dicampur kedalamnya. Terkadang juga buah yang digunakan adalah kiwi, markisa, nanas, lemon, anggur, mangga dan jambu mete. Es batu juga bisa dimasukkan agar terasa dingin saat dinikmati.

(dyh/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment