Thursday, August 16, 2012

Apa yang Perlu Diperhatikan Saat Belanja Bumbu Siap Pakai?


Flora Febrianindya - detikFood Jakarta - Gulai, rendang dan opor jadi menu favorit saat hari raya Idul Fitri. Disajikan dengan ketupat yang jadi simbol lebaran. Rasanya lezat, enak dan mantap. Kebanyakan orang meracik sendiri bumbunya atau membeli bumbu segar siap pakai di pasar. Bagaimana dengan Anda?

Di pasar tradisional ataupun supermarket, banyak tersedia bumbu basah siap olah. Ada aneka ragam bumbu yang sudah dihaluskan. Anda tinggal sebut jenis masakannya dan tingkat kepedasannya, semuanya akan diracik lengkap.

Jadi selain tak perlu repot menghaluskan, Anda juga tak perlu mengingat-ingat jenis-jenis bumbu dan rempah-rempah setiap masakan. Aneka bumbu komplet yang dijual antara lain cabai, laos, kunyit, jahe, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun-daun penyedap dan yang lainnya.

Untuk bumbu rendang, misalnya racikannya adalah bawang merah, bawang putih, cabe, kunyit, jahe, laos, lengkuas, ketumbar, garam, daun kunyit, daun jeruk, dan serai. Tinggal membeli santan, lengkap sudah bumbu untuk memasak rendang. Harganya terjangkau, yaitu mulai dari Rp. 3.000 saja.

Beberapa hal ini perlu diperhatikan saat membeli bumbu siap pakai yang segar:

1. Buat catatan lengkap mengenai racikan bumbu yang akan Anda beli. Misalnya, bumbu racikan gulai, racikan opor atau kari. Ini memudahkan untuk mengecek saat penjual meracik pesanan bumbu.

2. Belilah pada penjual yang sudah Anda kenal baik kualitas bumbunya. Karena banyak penjual bumbu yang memakai bahan busuk atau setengah busuk. Tak jarang juga ditambahkan bahan pewarna non pangan. Kualitas yang kurang baik akan membuat masakan kurang sedap.

3. Jika ada, belilah bumbu segar pada penjual yang menyediakan bumbu dapur yang belum dihaluskan atau utuh. Mulai dari cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, kunyit, dan lainnya. Pembeli tinggal memilih bumbunya, lalu pedagang akan mencuci bersih kemudian menggilingnya.

4. Pada saat membeli sebutkan dengan jelas, jumlah bahan yang akan dimasak. Misalnya, untuk 1 kg rendang daging atau opor untuk 1 ekor ayam. Karena jumlah bahan ini akan menentukan jumlah bumbu yang akan diracik penjualnya.

5. Sebutkan juga tambahan cabai giling, bawang merah, bawang putih jika ingin racikan yang sesuai selera.

6. Jangan lupa mengecek kelengkapan bumbu dapur, termasuk daun jeruk, daun salam, daun kunyit dan serai. Karena meski terlihat sepele, pelengkap itu sering tertinggal diberikan penjual.

7. Belilah bumbu segar untuk sekali masak karena jika disimpan akan mudah berair dan beraroma asam.

(flo/odi) Punya makanan favorit saat Ramadan & Lebaran? Ceritakan dengan menarik & lengkap di sini . Raih Grand Prize Mixer Kitchen Aid untuk cerita yang paling banyak di LIKE.

No comments:

Post a Comment